Kamis 02 Sep 2021 14:11 WIB

Jokowi Minta Gencarkan Vaksinasi di Lampung

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan kepada 100 pelaku UMKM.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo dalam kunker di Lampung menyaksikan vaksinasi Covid-19 di sekolah, Kamis (2/9)
Foto: Presiden Joko Widodo dalam kunker di Lampung
Presiden Joko Widodo dalam kunker di Lampung menyaksikan vaksinasi Covid-19 di sekolah, Kamis (2/9)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Tanjung Karang, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (2/9). Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan kepada 100 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dalam tinjauannya, ia meminta agar program vaksinasi di Lampung ini terus digencarkan sehingga laju penyebaran virus corona dapat dikendalikan.

Baca Juga

“Saya ingin vaksinasi di Provinsi Lampung ini terus digencarkan sehingga segera bisa menghambat laju penyebaran Covid-19, dan kita berharap terutama untuk anak-anak, murid-murid semuanya,” kata Jokowi.

Selanjutnya, Presiden juga meninjau program vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga pendidik dan pelajar yang diselenggarakan di SMA Negeri 2 Kota Bandar Lampung. Kegiatan vaksinasi serupa juga dilaksanakan secara serentak di sejumlah wilayah lainnya.

“Pagi hari ini saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur beserta seluruh jajarannya di Provinsi Lampung karena hari ini melaksanakan vaksinasi di 16 lokasi, baik di puskesmas, di sekolah, juga di lapas. Semuanya dikerjakan secara bersama-sama,” ucap dia.

Kepada Presiden, salah satu perwakilan dari Puskesmas Satelit menyampaikan capaian vaksinasi di puskesmas saat ini sudah mencapai sekitar 62 persen. Untuk mempercepat penyelesaian target sasaran vaksinasi, ia pun meminta Presiden agar menyediakan pasokan vaksin yang dibutuhkan.

“Ini akan lebih cepat lagi kalau vaksin kita lancar, Pak, vaksinnya cukup,” ucap perwakilan dari Puskesmas Satelit.

Mendengar permintaan itu, Jokowi berjanji akan segera menambah pasokan vaksin Covid-19 untuk mempercepat vaksinasi di provinsi tersebut.

“Nanti saya perintahkan Kemenkes untuk vaksinnya untuk Provinsi Lampung diperbanyak ya,” kata dia.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari Lapas Wanita Lampung, Yuyun, menyampaikan rasa terima kasih karena warga di lapas juga mendapatkan vaksin Covid-19. Ia pun mendorong masyarakat lainnya agar tak takut untuk mendapatkan vaksinasi serupa.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengingatkan seluruh masyarakat agar mengikuti program vaksinasi yang tengah dijalankan oleh pemerintah dan tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Saya juga titip meskipun sudah divaksin tetap memakai masker, jaga jarak, dan juga hindari kerumunan. Jangan lupa sehabis kegiatan juga mencuci tangan,” kata Jokowi.

Kegiatan peninjauan vaksinasi ini turut dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement