Ahad 29 Aug 2021 07:51 WIB

Kolesterol Tinggi? Coba Makan Kacang Ini

Jenis kacang ini disebutkan dalam studi bisa turunkan kadar kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Sebuah studi dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa konsumsi kacang pecan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
Foto: Pixabay
Sebuah studi dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa konsumsi kacang pecan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu beragam masalah kesehatan seperti penumpukan plak pada dinding pembuluh darah hingga penyakit jantung koroner (PJK). Terkait kadar kolesterol yang tinggi, konsumsi kacang pecan ternyata dapat memberikan dampak yang baik.

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa konsumsi kacang pecan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University of Georgia College of Family and Consumer Sciences.

Baca Juga

Studi ini melibatkan partisipan yang memiliki risiko terhadap penyakit kardiovaskular. Selama studi berlangsung, para partisipan diminta untuk menambahkan kacang pecan ke dalam pola makan sehari-hari mereka dalam kurun waktu delapan pekan.

Hasil studi menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan pada angka kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang dimiliki para partisipan. Penurunan rata-rata kadar kolesterol total para partisipan adalah sebesar 5 persen, sedangkan penurunan kadar kolesterol LDL mereka berkisar pada 6-9 persen.

Penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 6-9 persen mungkin sepintas tampak tidak berarti. Namun faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 1 persen saja sudah berkaitan dengan penurunan risiko PJK.

Sebagian partisipan juga diketahui sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi pada saat studi baru di mulai. Ketika studi telah rampung, mereka tak lagi memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Salah satu peneliti dari FACS Department of Nutritional Sciences Profesor Jamie Cooper mengatakan konsumsi pecan dapat menyebabkan penurunan yang lebih konsisten dan lebih besar pada kadar kolesterol total dan kolesterol LDL bila dibandingkan dengan banyak intervensi gaya hidup lain. Di samping itu, penambahan asupan kacang pecan dalam pola makan sehari-hari juga dinilai dapat menjadi pendekatan yang lebih berkelanjutan.

"(Cara ini) merupakan pendekatan yang lebih berkelanjutan untuk kesehatan jangka panjang," ujar Profesor Cooper, seperti dilansir Mind Body Green, Ahad (29/8).

Manfaat kacang pecan terhadap kesehatan jantung sebenarnya tidak begitu mengagetkan. Alasannya, kacang-kacangan secara umum dikenal sebagai sumber lemak sehat yang sangat baik.

"Makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung serat, omega-3, dan antioksidan," jelas ahli gizi Ginger Hultin MS RDN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement