Jumat 27 Aug 2021 07:10 WIB

5 Comfort Food yang Lezat dan Menyehatkan

Tak semua comfort food menyehatkan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Mengudap popcorn tanpa lelehan mentega jauh lebih menyehatkan.
Foto: pixabay
Mengudap popcorn tanpa lelehan mentega jauh lebih menyehatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang pasti memiliki comfort food atau makanan kegemaran yang dapat memberkan mereka perasaan nyaman. Hanya saja, yang menjadi pilihan kebanyakan orang sering kali berupa makanan yang tidak sehat.

Pizza, keripik kentang, dan mie instan termasuk di antaranya. Makanan-makanan seperti ini memang mudah menerbitkan selera dan dapat memberikan perasaan senang serta nyaman saat menyantapnya. Akan tetapi, kalorinya sangat tinggi dan tidak begitu bergizi.

Baca Juga

Memilih comfort food yang tak sehat bisa memberikan dampak buruk pada jangka panjang. Terlebih, banyak orang yang memiliki kecenderungan untuk mengonsumsinya dalam jumlah besar agar mendapatkan kenyamanan.

Ketika comfort food yang kurang sehat dikonsumsi dalam jumlah banyak dan berulang kali, risiko penambahan berat badan tak bisa terhindarkan. Tak hanya itu, kebiasaan tersebut juga dapat memicu terjadinya siklus stress eating yang serius. Stress eating merupakan kebiasaan makan yang dipicu oleh stres.

Kabar baiknya, tak semua comfort food merupakan makanan yang tidak menyehatkan. Selain memiliki nilai gizi yang lebih kaya, makanan tersebut bisa dinikmati tanpa memunculkan kekhawatiran terkait penambahan berat badan. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir Times Now News, Kamis (26/8).

Popcorn

Popcorn merupakan salah satu opsi camilan paling sehat bila diolah tanpa penambahan bahan lain yang berkalori tinggi atau berlemak. Popcorn mengandung antioksidan, dapat membantu memperbaiki pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung. Di samping itu, popcorn juga dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Biji bunga lotus

Foxnut atau biji bunga lotus umumnya disajikan sebagai pendamping makanan pencuci mulut khas India. Akan tetapi, foxnut juga bisa dinikmati sebagai camilan seperti kacang pada umumnya.

Foxnut panggang akan terasa lebih lezat dengan penambahan sedikit garam. Foxnut diketahui mengandung kalsium, magnesium, zat besi, dan karbohidrat sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement