Ahad 11 Jul 2021 20:35 WIB

5 Superfood untuk Bantu Kelola Diabetes

Diabetes bisa menimbulkan risiko kesehatan lain seperti penyakit kardiovaskular.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Diabetes (ilustrasi)
Foto: Essential Health Info
Diabetes (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes yang terkelola dengan baik dapat membantu penderitanya untuk menghindari risiko masalah kesehatan lain, seperti penyakit kardiovaskular. Hampir 7 dari 10 penyandang diabetes berusia di atas 64 tahun meninggal akibat penyakit jantung, dan sekitar 1 dari 6 penyandang diabetes meninggal akibat strok.

"Diabetes lebih dari sekedar masalah gula darah," jelas ahli gizi Jill Weisenberger, seperti dilansir AARP.

Baca Juga

Weisenberger mengatakan diabetes dapat meningkatkan risiko serangan jantung setidaknya dua kali lipat lebih besar. Penyakit ini juga diketahui dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Salah satu kunci pengelolaan diabetes adalah melalui pengaturan pola makan atau diet. Meski tak ada diet spesifik yang direkomendasikan, American Diabetes Association (ADA) menganjurkan diet bergizi seimbang yang dapat membantu menurunkan atau menjaga berat badan, hingga mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol sesuai target.

Terkait asupan makan untuk penyandang diabetes, setidaknya ada lima superfood yang dinilai dapat membantu pengelolaan diabetes. Berikut ini adalah kelima superfood tersebut.

Legum atau Kacang Polong

Jenis makanan ini diketahui kaya akan vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, dan kalium. Selain itu, legum atau kacang polong juga kaya akan serat.

Beberapa studi secara spesifik juga menunjukkan bahwa diet yang tinggi legum berkaitan dengan kadar gula darah yang lebih sehat, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Kandungan pati resistan dan fitonutrien polifenol dalam legum turut berperan dalam memberikan manfaat ini.

"Di dalam usus, bakteri baik mendapatkan makanan dari pati resistan dan serta yang bisa difermentasi, dan dalam prosesnya, memproduksi senyawa yang bermanfaat bagi sensitivitas insulin," ungkap Weisenberger.

Sayuran Berdaun Hijau Tua

Cukup banyak studi telah menunjukkan bahwa sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kale, brokoli, dan sawi, dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Di luar dari manfaat ini, jenis sayuran berdaun hijau tua juga dapat memainkan peran dalam mengelola diabetes bagi para penyandang diabetes.

Dengan kandungan kalori yang rendah, penyandang diabetes juga dapat mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua dalam jumlah besar tanpa harus khawatir dengan lonjakan kadar gula darah. Kabar baiknya, sayuran berdaun hijau dapat diolah menjadi berbagai sajian yang menggugah selera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement