Jumat 09 Jul 2021 22:30 WIB

Waspada, Ini Tanda Awal Terkena Diabetes

Sering kali orang menganggap bahwa penyakit diabetes mudah dikenali.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Sering kali orang menganggap bahwa penyakit diabetes mudah dikenali.
Foto: Essential Health Info
Sering kali orang menganggap bahwa penyakit diabetes mudah dikenali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering kali orang menganggap bahwa penyakit diabetes mudah dikenali. Tetapi meskipun kondisi ini relatif umum, banyak orang tidak terdiagnosis karena gejala awalnya tidak jelas, mudah diabaikan atau bingung dengan kondisi lain yang dialami. Sebagai bentuk pencegahan, orang bisa lebih waspada dengan kondisi awal yang dirasakan.

Berikut tanda yang dapat diwaspadai dan juga dapat dikonsultasikan dengan dokter, seperti dilansir Eat This, Jumat (9/7).

Baca Juga

1. Sering haus

Tanda awal diabetes yang sangat umum adalah rasa haus yang meningkat. Hal ituu terjadi karena diabetes menyebabkan gula (glukosa) menumpuk di aliran darah. Biasanya, ginjal memproses glukosa, tetapi ketika menjadi kewalahan, kelebihan glukosa akan dibuang bersama urin.

Para ahli seperti Harvard Medical School menyarankan minum empat sampai enam cangkir air per hari. Jika Anda cukup terhidrasi tetapi merasakan rasa haus yang meningkat, segera bicarakan dengan dokter.

2. Sering Buang Air Kecil

Pada kondisi diabetes awal, tubuh akan meningkatkan produksi urin, mencoba membuang kelebihan gula darah dan orang mungkin harus lebih sering buang air kecil. "Penting untuk mengetahui apa yang normal untuk tubuh Anda," kata Leigh Tracy, RD, LDN, CDE, ahli diet terdaftar dan koordinator program diabetes di Mercy Medical Center di Baltimore.

Rata-rata individu buang air kecil antara tujuh dan delapan kali per hari, tetapi untuk beberapa, hingga 10 kali per hari adalah normal.

3. Kelaparan Berlebihan

Diabetes menyebabkan glukosa darah meningkat tak terkendali. Pada saat yang sama, ini mencegah sel menggunakan glukosa untuk energi. Kekurangan energi itu bisa membuat Anda lapar.

4. Kelelahan

Karena diabetes meningkatkan gula darah sekaligus mencegah tubuh menggunakannya untuk energi, maka itu bisa membuat Anda lelah. Sering buang air kecil juga bisa mengganggu tidur Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement