Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

5 Tim J League yang Pernah Lawan Wakil Indonesia di LCA

Sabtu 14 Aug 2021 21:16 WIB

Red: Israr Itah

Pemain asing PSM Makassar Osvaldo Moreno (kanan) mengejar bola dalam laga Liga Champions Asia (LCA).

Pemain asing PSM Makassar Osvaldo Moreno (kanan) mengejar bola dalam laga Liga Champions Asia (LCA).

Foto: Dok J league
Ada lima tim J league yang pernah berlaga melawan tim-tim asal Indonesia di LCA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang sejarah sepak bola Asia, tim-tim asal J League tak jarang bertemu dengan klub asal Indonesia. Dalam laga resmi, tim-tim dari kedua negara biasanya bertemu pada ajang Liga Champions Asia (LCA).

Dalam dua dekade terakhir, setidaknya ada lima tim J league yang pernah berlaga melawan tim-tim asal Indonesia. Berikut kilas balik pertemuan tersebut:

Baca Juga

1. Yokohama F Marinos vs PSM Makassar

Pertemuan: Grup F Liga Champions Asia 2005

16 Maret 2005 - PSM Makassar 0-2 Yokohama F. Marinos

25 Mei 2005 - Yokohama F. Marinos 3-0 PSM Makassar

PSM Makassar lolos ke gelaran Liga Champions Asia 2005 usai jadi runner-up Liga Indonesia 2004, di bawah Persebaya Surabaya. Langsung lolos ke babak grup, PSM masuk ke dalam grup F bersama Shandong Luneng (Cina), Yokohama F Marinos (Jepang), dan BEC Tero (Thailand).

Laga pertama melawan Marinos hadir di matchday kedua dan berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Banyak nama besar yang menghuni skuad PSM saat itu, seperti kapten tim Syamsul Chaerudin, Abanda Herman, Irsyad Aras, Ponaryo Astaman, Ronald Fagundez, hingga Osvaldo Moreno. Sayang, pada laga pertama PSM harus kalah 0-2 lewat gol Hideo Oshima (31') dan Masato Yamazaki (64').

PSM kembali kalah saat pertemuan kedua lawan Marinos dilangsungkan di Jepang. Kali ini PSM tumbang 0-3, lewat gol Dutra (75'), Yoshinaru Uena (79'), dan Daisuke Oku (82').

Saat itu, PSM Makassar menempati posisi ketiga klasemen akhir grup F dengan empat poin, Marinos ada di tempat kedua dengan 12 angka. Kedua tim sama-sama tak lolos ke babak selanjutnya karena hanya juara grup yang lolos ke babak gugur.

2. Kawasaki Frontale vs Arema

Pertemuan: Grup F Liga Champions Asia 2007

7 Maret 2007 - Arema Malang 1-3 Kawasaki Frontale

9 Mei 2007 - Kawasaki Frontale 3-0 Arema Malang

Kawasaki Frontale boleh jadi kini penguasa J League dengan juara tiga kali dalam empat musim terakhir. Namun pada 2007 silam merupakan kali pertama mereka lolos ke gelaran LCA. Mereka tergabung di grup F bersama Chunnam Dragons (Korea Selatan), Bangkok University (Thailand), dan Arema Malang yang lolos berkat juara Copa Indonesia 2006.

Beberapa pemain Arema Malang saat itu termasuk Hendro Kartiko, Alex Pulalo, Bruno Casmir, Ortizan Salossa, Ellie Aiboy, Ponaryo Astaman, dan Arif Suyono.

Matchday pertama membawa Kawasaki Frontale menuju ke stadion Gajayana di Malang untuk menghadapi Arema. Elie Aiboy (12') mencetak satu-satunya gol Arema pada laga ini, sedangkan tim tamu mencetak tiga gol lewat Brace Magnum Tavares (1', 73') dan kapten masa depan Kawasaki Frontale, Kengo Nakamura (82').

Saat bertandang ke Jepang pada matchday kelima, Arema harus kembali kalah, kali ini dengan skor 0-3. Kengo Nakamura mencetak dua gol (4', 70') ditambah satu gol dari Taku Harada (80').

Arema Malang tersingkir usai hanya mendapat empat poin dan ada di posisi ketiga. Kawasaki Frontale jadi juara grup, lolos ke fase gugur, sebelum langsung terhenti di babak delapan besar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA