Sabtu 14 Aug 2021 14:20 WIB

BIN Kejar Herd Immunity di Medan

BIN melaksanakan vaksinasi door to door dengan menggunakan mobil

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Christiyaningsih
Badan Intelijen Negara (BIN) melanjutkan vaksinasi Covid-19 secara door to door di Jawa Barat (Jabar), Rabu (11/8).
Foto: Istimewa
Badan Intelijen Negara (BIN) melanjutkan vaksinasi Covid-19 secara door to door di Jawa Barat (Jabar), Rabu (11/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Intelijen Negara (BIN) kembali melaksanakan vaksinasi lanjutan di Medan, Sumatera Utara. Vaksinasi yang dilakukan secara door to door dengan mobil vaksin keliling tersebut dilakukan untuk mempercepat herd immunity di Medan.

“Mudah-mudahan ke depannya kami bisa menyasar ke lingkungan seperti ini sehingga herd immunity bisa terbentuk,” ujar Kepala BIN Daerah Sumatera Utara, Brigjen Asep Jauhari, dalam keterangan pers, Sabtu (14/8).

Baca Juga

Asep mengatakan vaksinasi lanjutan tersebut dilakukan di tiga titik yakni di SMPN 11 Medan, SMAN 1 Medan, dan vaksinasi door to door di Kecamatan Medan Helvetia. Vaksinasi door to door dilaksanakan dengan menggunakan mobil vaksin keliling agar prosesnya berjalan cepat.

"Kami menggunakan mobil untuk mempercepat sekaligus mempermudah tenaga kesehatan dalam melaksanakan vaksin. Nakes tetap di mobil, nanti kami mengetuk pintu rumah warga untuk mengarahkan mereka masuk ke mobil," ujar Asep.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi door to door menggunakan mobil merupakan evaluasi dari kegiatan sebelumnya. Sebab, banyak barang yang harus dibawa oleh para tenaga kesehatan apabila harus turun dari kendaraan. Melihat itu, maka akan lebih mudah jika barang-barang tersebut tetap di mobil.

“Pada saat itu kan tenaga kesehatan membawa semua alat, dengan menggunakan mobil maka barang-barang tetap di sini,” ujar dia.

BIN menggelar vaksinasi lanjutan pada hari yang sama di 13 provinsi lainnya. Provinsi yang menjadi sasaran yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Bali, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement