Sabtu 14 Aug 2021 14:00 WIB

Bukan Jenderal Andika yang Pamer Otot Bersama US Army

Adalah Serma Atang Efendi yang pamer otot, yang merupakan pendamping fitnes KSAD.

Pendamping fitnes KSAD Jenderal Andika, Serma Atang Efendi pamer otot dengan personel US Army.
Foto: Tangkapan layar
Pendamping fitnes KSAD Jenderal Andika, Serma Atang Efendi pamer otot dengan personel US Army.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral di media sosial (medsos) dengan narasi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa pamer otot dengan prajurit Amerika Serikat (US Army). Keduanya saling menunjukkan aksi mirip binaragawan di kelilingi para prajurit TNI AD dan US Amry di lokasi latihan bersama Garuda Shield 2021.

Adapun lokasi latihan militer kedua negara berlangsung di Baturaja (Sumatra Selatan), Amborawang (Kalimantan Timur), dan Makalisung (Sulawesi Utara) yang berlangsung pada 1-14 Agustus 2021. Hanya saja, dalam video tidak dijelaskan lokasi dan kapan aksi pamer otot tersebut berlangsung.

Jenderal Andika pun meluruskan video yang viral tersebut. "Itu bukan saya," ujar mantan Komandan Paspampres tersebut saat dikofirmasi wartawan di Jakarta, Sabtu (14/8).

Andika menjelaskan, prajurit TNI AD yang ada di video bernama Serma Atang Efendi, yang populer dipanggil Badhix. Dia berdinas di Bandung yang merupakan pendamping fitnes Andika, dan berstatus atlet Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. "Ini anggota TNI AD berpangkat Sersan Mayor," ucap Andika.

Dalam video Youtube yang diunggah Dispenad, Serma Atang Efendi dan Serma Jeni Firdaus merupakan pendamping fitnes Andika sejak ia menjadi Komandan Kodlikatad di Bandung pada 2018. Setelah itu, Andika mendapat promosi menjadi Panglima Kostrad, dan meraih bintang empat saat dilantikan Presiden Jokowi menjadi KSAD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement