Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Lansia dengan Komorbid Boleh Divaksinasi, Apa Syaratnya?

Jumat 13 Aug 2021 14:34 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Vaksinasi Covid-19 warga lanjut usia (lansia) di SDN 053 Cisitu, Jalan Sangkuriang, Kota Bandung, Senin (9/8). Banyak hoaks yang membuat lansia berpikir bahwa penderita komorbid tak bisa divaksinasi.

Vaksinasi Covid-19 warga lanjut usia (lansia) di SDN 053 Cisitu, Jalan Sangkuriang, Kota Bandung, Senin (9/8). Banyak hoaks yang membuat lansia berpikir bahwa penderita komorbid tak bisa divaksinasi.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Nadia menyebut, tak betul bahwa lansia dengan komorbid tidak bisa divaksinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, para lansia termasuk kelompok usia yang perlu mendapatkan vaksin Covid-19. Mereka yang memiliki penyakit komorbid pun juga bisa divaksinasi.

"Banyak sekali hoaks yang kemudian membuat lansia berpikir komorbid tak bisa divaksinasi," kata Nadia dalam diskusi interaktif virtual yang digelar KPC-PEN, Jumat.

Baca Juga

Padahal, menurut Nadia, vaksin sudah dirancang untuk yang memiliki komorbid. Ia mengingatkan bahwa vaksin Covid-19 ditujukan untuk virus SARS-CoV-2 dan virus ini berisiko melanda orang dengan komorbid.

Walau begitu, sama seperti dengan orang pada umumnya, sebelum disuntik, komorbid yang dialami lansia perlu dipastikan terkontrol. Pada mereka dengan hipertensi, misalnya, vaksin tetap bisa diberikan asalkan tekanan darahnya di bawah 180/110 MmHg.

Nadia menjelaskan, pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum meja skrining. Sementara bagi kelompok komorbid dengan diabetes, vaksinasi bisa diberikan sepanjang belum ada komplikasi akut dan kondisinya stabil.

"Kalau punya tekanan darah tinggi, di bawah 180, masih bisa disuntik, atau kalau punya penyakit jantung dia tidak sedang sesak, keringat dingin, tidak ada serangan maka vaksinasi tetap bisa diberikan," tutur Nadia.

Baca juga : Wiku Sebut WNA Bisa Dapatkan Vaksinasi Gratis di Indonesia

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA