Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Messi Sudah Tiba di Paris, Setuju Bergabung dengan PSG

Selasa 10 Aug 2021 22:24 WIB

Red: Andri Saubani

Lionel Messi melambaikan tangan kepada fan Paris Saint-Germain (PSG) saat tiba di Bandara Le Bourget, utara Paris, Prancis, Selasa (10/8). Messi dilaporkan menyetujui 2 tahun kontrak di PSG.

Lionel Messi melambaikan tangan kepada fan Paris Saint-Germain (PSG) saat tiba di Bandara Le Bourget, utara Paris, Prancis, Selasa (10/8). Messi dilaporkan menyetujui 2 tahun kontrak di PSG.

Foto: Christophe Petit Tesson
Messi dilaporkan akan diperkenalkan secara resmi oleh PSG pada Rabu.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Peraih Ballon d'Or enam kali, Lionel Messi sudah sampai di Prancis Selasa ini untuk menyelesaikan transfer ke Paris Saint Germain (PSG) setelah sepakat dengan klub itu menyusul kepergiannya yang mengejutkan dari Barcelona. Kesepakatan itu merupakan 'kudeta besar' yang dilancarkan si kaya PSG yang akan menambahkan salah satu pemain terhebat sepanjang masa ke lini depan yang sudah tangguh di mana sudah ada Neymar dan pemain muda Prancis Kylian Mbappe.

Pesawat Messi mendarat di Bandara Le Bourget di pinggiran ibu kota Prancis, kata para wartawan di tempat kejadian dan situs web Flightradar24. Puluhan penggemar berkumpul di bandara sebelum dia datang sambil meneriakkan, "Messi, Messi, Messi." "Gila banget. Lagi pula ini legenda yang datang," kata Florent Chauveau, penggemar PSG yang bolak-balik ke bandara setiap hari sejak Ahad (9/8) dengan harapan bisa menjadi saksi kedatangan Messi.

Baca Juga

"Saya harap dia tahu bahwa sudah tiga hari kami menunggu dan dia tidak masuk vannya tanpa sedikit melambaikan tangan," ujarnya, menambahkan.

Messi tidak memberikan perincian kontraknya yang dicapai beberapa hari setelah Barcelona mengatakan tak mampu mempertahankan dia karena aturan financial fair play di La Liga Spanyol. Tetapi, ayah gelandang Argentina berusia 34 tahun itu, berbicara kepada wartawan di bandara Barcelona, untuk membenarkan laporan surat kabar Prancis, L'Equipe dan surat kabar Spanyol, Mundo Deportivo bahwa Messi sudah sepakat bergabung dengan PSG yang dimiliki oleh Qatar Sports Investment.

L'Equipe melaporkan, kesepakatan itu akan berdurasi dua tahun. Koran itu juga menyebutkan bahwa Messi akan menjalani tes kesehatan pada Selasa ini. Dia akan menggelar konferensi pers esok, Rabu.

Banyak penggemar Barcelona yang kelimpungan oleh akhir karier gemilang Messi yang sarat trofi di klub yang dia bela sejak usia sekolah. Namun, kedatangan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Barcelona dengan 682 gol itu bakal mendongkrak ambisi PSG dalam menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya.

Messi adalah nama besar terbaru di PSG yang bergabung dalam status bebas transfer musim panas ini setelah tim asuhan pelatih Mauricio Pochettino tersebut merekrut Sergio Ramos yang meninggalkan Real Madrid. Gelandang Georginio Wijnaldum juga bergabung setelah kontraknya bersama Liverpool habis.

Penjaga gawang yang mengantarkan Italia menjuarai Euro 2020, Gianluigi Donnarumma, juga telah bergabung setelah kontraknya dengan AC Milan habis. Sementara, bek Maroko Achraf Hakimi bergabung dari Inter Milan dengan nilai transfer 60 juta euro.

Kedatangan Messi yang kontrak terakhirnya dengan Barcelona bernilai total 555 juta euro dan dilaporkan sebagai yang paling mahal di dunia olahraga, juga akan memicu lagi perdebatan mengenai aturan fair play keuangan UEFA. Aturan itu pertama kali diperkenalkan pada 2009 untuk membatasi ekses terburuk terhadap sepak bola tetapi dikritik oleh sejumlah tokoh terkemuka karena tidak efektif.

Kedatangan Messi yang memiliki 245 juta pengikut Instagram dan merupakan pemain Barcelona yang paling berprestasi sepanjang masa, juga merupakan kabar baik bagi Ligue 1 Prancis yang dililit krisis hak siar TV.

photo
Lionel Messi - (Republika.)

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA