Selasa 10 Aug 2021 05:28 WIB

Mengenal 61 Cygni, Bintang Terbang di Langit Malam

61 Cygni bergerak seperti bergeser posisi di langit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
61 Cygni.
Foto: earthsky
61 Cygni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak bintang bertaburan di langit. Salah satu yang menarik minat astronom adalah 61 Cygni. 61 Cygni adalah bintang ganda di konstelasi Cygnus. Meski 61 Cygni tidak menonjol dalam kecerahan, benda langit itu memiliki salah satu gerakan yang tepat tertinggi dari setiap bintang yang terlihat.

Dilansir dari Earth Sky, Senin (9/8), jika seseorang mengambil foto 61 Cygni selama beberapa tahun, bintang itu akan terlihat bergeser posisi di langit sehubungan dengan bintang yang lebih jauh di sekitarnya. Gerakan tidak biasa melintasi langit ini membuat 61 Cygni mendapat julukan Bintang Terbang.

Baca Juga

61 Cygni bergerak relatif cepat di depan bintang-bintang tetap karena 61 Cygni relatif dekat dengan Bumi. Meskipun bukan bintang terdekat dengan matahari, 61 Cygni hanya berjarak 11,4 tahun cahaya. Itu menjadikannya bintang terdekat keempat yang terlihat dengan mata telanjang, setelah Alpha Centauri, Sirius dan Epsilon Eridani.

61 Cygni bukan hanya satu bintang. 61 Cygni sebenarnya sistem biner dengan periode orbit sekitar 678 tahun. Untuk mata telanjang dan melalui kebanyakan teropong, bintang ini tampak sebagai satu bintang. Anda memerlukan teleskop untuk melihatnya sebagai dua bintang.

Sistem biner 61 Cygni adalah sistem terdekat ke-28 yang diketahui oleh manusia. Keduanya adalah bintang kerdil tipe K di deret utama, diperkirakan terbentuk 6 miliar tahun lalu (matahari berusia 4,6 miliar tahun).

Bintang yang lebih masif dari pasangan ini adalah 70 persen dari massa matahari dan mengeluarkan 15 persen dari total energi elektromagnetik matahari. Pendampingnya adalah 63 persen dari massa matahari dan bersinar hanya 8,5 persen dari luminositas matahari. Keduanya sedikit lebih dari setengah ukuran matahari.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement