Senin 09 Aug 2021 09:15 WIB

Ilmuwan Temukan Planet Mirip Tata Surya di Bintang Terdekat

Ilmuwan menemukan sistem terdiri dari beberapa planet yang berpotensi layak huni.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
ilustrasi:temuan eksoplanet.
Foto: EPA-EFE/ESO/L. Calcada
ilustrasi:temuan eksoplanet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan menemukan sistem planet L 98-59 yang mirip dengan tata surya. Sistem planet ini ditemukan pada 2019 menggunakan teleskop ruang angkasa pemburu eksoplanet Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS).

Bintang yang dikenal sebagai L 98-59 berjarak 35 tahun cahaya dari Bumi. Diperkirakan ada lima planet yang mengorbit di sekitarnya. Planet yang mengorbit termasuk dunia samudra, planet yang berpotensi layak huni, dan salah satu eksoplanet paling ringan yang pernah ditemukan. 

Baca Juga

Penelitian tersebut dipublikasikan pekan lalu di jurnal Astronomy & Astrophysics. Selama pengamatan baru terhadap sistem ini, para astronom menentukan bahwa tiga planet memiliki beberapa jenis kandungan air. 

Dua planet yang paling dekat dengan bintang itu kemungkinan kering dan berbatu dengan hanya sedikit air. Planet-planet terestrial ini, seperti Bumi atau Venus, cukup dekat dengan bintang untuk dihangatkan olehnya.

Sementara, massa planet ketiga mengandung 30 persen air. Ini menunjukkan bahwa planet itu bisa menjadi dunia laut, mirip dengan beberapa bulan yang ditemukan di tata surya kita.

Ketiga planet ini pertama kali ditemukan oleh para astronom pada tahun 2019 menggunakan misi TESS berburu planet NASA.Pengamat berbasis ruang angkasa mampu mendeteksi eksoplanet menggunakan metode transit, yang mengukur penurunan cahaya yang terjadi ketika sebuah planet lewat di depan bintangnya.

Baca juga : Ilmuwan Temukan Bintang Aneh Terlempar dari Galaksi

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement