Rabu 04 Aug 2021 19:58 WIB

Kemenag-Kominfo Dorong Madrasah Semakin Cakap Digital

Saat ini pembelajaran online di madrasah perlu diperkuat.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Seorang guru sedang mengajar di madrasah (ilustrasi)
Foto: Republika/Damanhuri Zuhri
Seorang guru sedang mengajar di madrasah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama dan Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong madrasah-madrasah semakin cakap digital. Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani mengatakan saat ini pembelajaran online di madrasah-madrasah banyak menggunakan berbagai platform digital berbasis internet.

"Karena itu, kita perlu perkuat literasi digital yang bermuara pada penciptaan budaya digital yang sehat dan baik pada masyarakat pendidikan," kata Ali dalam Webinar Madrasah Makin Cakap Digital, Rabu (4/8).

Baca Juga

Ia mengatakan, adanya disrupsi digital dan juga pandemi Covid-19 memaksa semua pihak memanfaatkan dan optimalkan teknologi di berbagai sektor kehidupan, termasuk pembelajaran di madrasah. Namun, tantangan penggunaan digital pada pembelajaran ini, tidak hanya soal persoalan kemampuan menggunakan peralatan digital.

Tetapi juga kesadaran atau kemampuan dalam menggunakannya memuat narasi dan konten positif.

"Kemenag melalui Dirjen Pendidikan Islam tentu saja terus mendorong budaya digital yamg sehat , mulai dari guru, ustad dosen siswa dan mahasiswa untuk secara sadar dapat mengikuti perkembangan zaman dengan penguasaan teknologi tapi tdk boleh larut tergerus dalam arus dinamika zaman," ujar Ali.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement