Senin 02 Aug 2021 05:50 WIB

HDMI Siap Lanjutkan Dakwah dan Perjuangan Ulama

Dakwah dan perjuangan ulama untuk negeri siap dilanjutkan HDMI.

HDMI Siap Lanjutkan Dakwah dan Perjuangan Ulama. Foto:  Habib Idrus Salim Al Jufri.
Foto: Dok. Pribadi
HDMI Siap Lanjutkan Dakwah dan Perjuangan Ulama. Foto: Habib Idrus Salim Al Jufri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Dai Muda Indonesia (HDMI), Ahad (1/8), kembali melantik anggota baru berjumlah 152 orang. Sejumlah anggota baru tersebut berasal dari berbagai provinsi, termasuk yang saat ini masih studi di luar negeri.

Pelantikan yang digelar tepat awal bulan Kemerdekaan Indonesia dan sepekan menjelang Tahun Baru 1443 Hijriyah ini mengusung tema “Da’i Muda Mengawal Setiap Proses Hijrah”.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Ketua Umum HDMI Habib Idrus Salim al Jufri menegaskan bahwa HDMI siap melanjutkan dakwah para ulama yang telah mendahului kita. “Banyak ulama telah wafat dalam beberapa waktu terakhir ini, Untuk itu kita harus melanjutkan estafeta dakwah para ulama yang telah banyak mendahului kita di tahun ini dan sebelumnya. Para ulama yang telah mendahului, sangat bangga kepada anda semua. Insya Allah semuanya untuk Indonesia yang lebih bermartabat dan berakhlak mulia,” kata Habib Idrus menegaskan pentingnya generasi muda mulai terlibat dalam dakwah. 

Terkait pertumbuhan keanggotaan HDMI hingga saat ini, Habib Idrus menyampaikan, lebih dari 500 orang yang sudah mendaftar dan akan dibina langsung oleh para asatidzah yang kompeten di bidangnya masing-masing. "Ini semua karena kecintaan kami kepada para ulama yang telah mendahului kami dan kecintaan kami kepada bangsa ini," kata Habib Idrus.

Saat ini, HDMI telah hadir di berbagai segmen garapan. Ada Korps Da’iyah HDMI yang fokus membina potensi-potensi muslimah dan Muallaf Center HDMI yang membina saudara-saudara muallaf khususnya di Indonesia Timur. Juga ada HDMI Foundation yang membidangi urusan sosial kemanusiaan dan HDMI Books yang mengurusi produk-produk tulisan dakwah para anggota.

"Tentu selain program-program yang bersifat syiar, HDMI juga menyiapkan sarana-sarana pembinaan dan pelatihan dai sebagai wujud pembekalan kapasitas para anggota. Jalan para dai penuh goncangan dan godaan, siapkan diri kita!” begitu pesan Habib Idrus kepada para anggota yang dilantik Ahad siang kemarin.

Adapun KH Fahmi Rusydi selaku Ketua Dewan Pembina HDMI menyampaikan maksud dari semua program-program HDMI untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik hingga Allah ridha dan memberikan ampunan-Nya. “Semoga kehadiran antum semua, dapat mewujudkan Indonesia yang baldatun thayyibatun wa Rabbun ghafur,” begitu pesannya dalam kalimat sambutan.

Saat ini, HDMI telah memiliki perwakilan di seluruh propinsi. Setelah anggota baru ini dilantik, mereka akan diaktivasi di setiap wilayah domisilinya. Sehingga kehadiran para da’i muda dapat merata hingga pelosok-pelosok negeri. Sebagaimana para ulama yang telah memerdekakan Indonesia, maka da’i muda yang melanjutkan estafeta perjuangannya juga punya amanah untuk menjaga NKRI hingga batas-batas terluarnya. Dan sebagaimana tema kegiatan pelantikan ini, maka para Da’i Muda di HDMI telah bertekad untuk mengawal setiap proses perbaikan di seluruh penjuru tanah air Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement