Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Teknik Mudah Masak Daging Kambing Kurban Bakar Juicy

Selasa 20 Jul 2021 15:23 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Daging kambing bakar lebih 'juicy' dengan paduan campuran rempah dan bumbu.

Daging kambing bakar lebih 'juicy' dengan paduan campuran rempah dan bumbu.

Foto: Wikimedia
Daging kambing bakar lebih 'juicy' dengan paduan campuran rempah dan bumbu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ini adalah waktu bagi pecinta makanan di seluruh dunia menikmati kambing, kebab, dan makanan daging lainnya. Hindustan Times, dikutip Selasa (20/7), berbagi resep mudah masak daging kambing yang nikmat.

Dengan menggunakan perpaduan campuran bubuk rempah-rempah dan pasta jahe bawang putih, kudapan daging kambing Barkra Eid bisa menjadi pilihan lezat.

Idul Adha ditandai dengan berkumpulnya keluarga dan teman sambil makan kudapan daging. Berikut resep Barkra Eid yang bisa menjadi pilihan menu untuk disajikan.

Baca Juga

Pertama, siapkan daging kambing/domba (500 g), yoghurt (2 sdm), pasta jahu/bawang putih (1 sdm), jus lemon (1 sdm), garam (1/2 sdt), cabai merah (1/2 sdt), bubuk ketumbar (1/2 sdt), garam masala (1/2) sdt), lada hitam (1/2 sdt panggang dan hancurkan), jinten (1/2 sdt panggang dan hancurkan), kayu manis (1/8 sdt), minyak (2-3 sdm).

Kedua, cara memasaknya. Pertama, campurkan yoghurt, jahe/bawang putih, jus lemon, garam, cabai merah, ketumbar, garam masala, lada hitam, jinten, dan kayu manis. Aduk hingga tercampur dengan baik.

Kedua, masukkan daging kambing, dan diamkan selama minimal tiga jam atau semalaman. Pindahkan ke loyang yang sudah dialasi baking paper.

Ketiga, olesi minyak di atas baking paper. Tutup dengan foil. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 20-25 menit, dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven, keluarkan foil dan ganti sisi daging.

Keempat, panggang selama 10-15 menit lagi dengan penutup foil. Ubah sisi di antaranya. Sajikan.

Umumnya, daging domba dikonsumsi pelaku diet Mediterania karena menurunkan risiko penyakir kardiovaskular atau risiko peradangan. Domba yang diberi makan rumput adalah sumber selenium dan seng yang sangat baik, yang melawan stres oksidatif.

Kandungan zinc juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Selain itu, kandungan seng dalam daging domba membantu dalam penyembuhan luka, sintesis DNA, dan protein.

Jika dibandingkan dengan sumber protein lain, seperti ayam atau ikan, daging domba sebagai daging merah memiliki lebih banyak zat besi yang dapat membantu memperbaiki dan mencegah gejala anemia. Asam lemak omega-3 anti-inflamasi dalam daging domba membantu menghilangkan lemak dan meningkatkan massa otot tanpa lemak, berkat asam linoleat terkonjugasinya (CLA).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA