Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Jangan Kendor, Penyintas Covid-19 Rentan Kena Varian Delta

Ahad 11 Jul 2021 00:20 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda

Pasien Covid-19 dibawa menuju RS Royal London, Inggris, Senin (14/6). Varian Delta telah menyebar hampir ke 100 negara.

Pasien Covid-19 dibawa menuju RS Royal London, Inggris, Senin (14/6). Varian Delta telah menyebar hampir ke 100 negara.

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Varian Delta empat kali lebih mungkin mengalahkan antibodi penyintas Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyintas Covid-19 berisiko terinfeksi ulang, kali ini oleh varian Delta. Penelitian terbaru mengungkap bahwa varian yang pertama kali teridentifikasi di India itu empat kali lebih mungkin untuk mengalahkan antibodi pelindung yang terbentuk dari paparan langsung SARS-CoV-2 sebelumnya.

Studi yang diterbitkan di jurnal Nature membandingkan kemampuan varian Delta dengan varian Alfa yang pertama kali muncul di Inggris dalam hal mengalahkan antibodi penyintas Covid-19. Di Inggris, setiap harinya ada sekitar 25 ribu orang yang terinfeksi varian Delta.

Baca Juga

Sekitar 95 persen dari kasus baru di Inggris terkait dengan infeksi varian Delta. Profesor dari School of Medicine, University of Leeds, Stephen Griffin, mengatakan bahwa varian Delta mampu menular lebih efektif meski dengan beberapa pembatasan yang dilakukan.

Bahkan, varian ini juga jauh lebih efektif dalam menyasar orang-orang rentan. Prof Griffin menjelaskan, varian Delta bisa saja menyebabkan kekacauan di berbagai negara, salah satunya Inggris. Varian Delta kini telah menyebar ke hampir 100 negara, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Membuka perjalanan internasional lagi kemungkinan akan mengimpor varian baru yang mungkin mulai mereplikasi di populasi Inggris, dan dapat menyatu kembali dengan varian yang ada di sini," ujar profesor kehormatan dan ahli virologi klinis, University of Leicester, Julian Tang, dikutip dari The Sun, Sabtu (10/7).

 

 
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA