Senin 05 Jul 2021 15:19 WIB

Play Store Hapus 9 Aplikasi Pencuri Password Facebook

Dplikasi menipu pengguna dengan memuat halaman masuk Facebook.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Playstore. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Playstore. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google masih berupaya menarik aplikasi Android yang melakukan pelanggaran privasi besar. Ars Technica mencatat bahwa Google telah menghapus sembilan aplikasi dari Play Store yang menurut analisa Dr. Web, aplikasi-aplikasi ini adalah trojan yang mencuri detail login Facebook.

Aplikasi ini sebenarnya adalah malware-malware yang telah diunduh lebih dari 5,8 juta unduhan gabungan. Aplikasi ini memiliki judul yang mudah ditemukan seperti Horoscope Daily dan Rubbish Cleaner.

Baca Juga

Dilansir dari Engadget, Senin (5/7), aplikasi menipu pengguna dengan memuat halaman masuk Facebook. Namun sebenarnya, aplikasi ini  “membajak” kredensial facebook dan meneruskannya ke aplikasi.

Mereka juga akan mencuri cookie dari sesi otorisasi. Facebook adalah target dalam setiap kasus.

Ada lima varian malware dalam campuran tersebut, tetapi semuanya menggunakan kode JavaScript dan format file konfigurasi yang sama untuk membobol informasi.

Pertanyaannya, tentu saja, adalah bagaimana aplikasi mengumpulkan unduhan sebanyak yang mereka lakukan sebelum dihapus oleh Google. banyak korban tidak menyari bahwa data Facebook mereka jatuh ke tangan yang salah. Ppengguna harus berhati-hati dalam mengunduh utilitas dari pengembang yang tidak dikenal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement