Sabtu 03 Jul 2021 16:35 WIB

Survei Voxpol: Prabowo Unggul di Berbagai Simulasi Capres 

Survei Voxpol menunjukan Prabowo Subianto unggul di berbagai simulasi Capres.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Menhan Prabowo Subianto
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Menhan Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Voxpol Center Research and Consulting dalam survei terbarunya melakukan simulasi calon presiden  terhadap 11 nama. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto unggul dengan 20,3 persen.

"Jika pilpres dilaksanakan hari ini, dari 11 nama siapa capres yang akan ibu/bapak saudara pilih, 20,3 persen adalah bapak Prabowo Subianto," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam paparannya secara daring, Sabtu (3/7). 

Baca Juga

Kemudian Gubernur Jawa Tengah berada di bawah Prabowo dengan 20 pesen. Disusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan 16,8 persen. 

"Sandiaga Uno 8,5 persen, Ridwan Kamil 6,2 persen, dan AHY 5,7 persen, Puan Maharani 5,1 persen. Di bawah itu di bawah angka 3 persen (Risma, Erick, Khofifah dan Airlangga).

Voxpol Center Research and Consulting juga melakukan simulasi terhadap enam nama calon presiden. Elektabilitas Prabowo kembali unggul dengan 23 persen.

"Simulasi capres 2024, jika pilpres dilaksanakan hari ini, 6 nama yang kita uji, siapa yang akan dipilih? Pak Prabowo masih 23 Persen, kemudian mas Ganjar 22 persen, Anies Baswedan 19,8 persen, Ridwan Kamil 8,7 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 6,2 Persen, Puan Maharani 6 persen," ujarnya.

Simulasi capres juga dilakukan terhadap empat nama. Prabowo tetap unggul dengan 30,1 persen. Kemudian Anies 24 persen, Sandiaga Uno 16 persen, dan  Puan Maharani 10 persen. 

Untuk diketahui survei dilakukan 22 Juni-1 Juli 2021. Survei dilakukan dengan wawancara melalui telepon dengan metode mutistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dari 34 provinsi, dan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement