Jumat 02 Jul 2021 04:48 WIB

Ilmuwan Temukan Alasan Muncul dan Hilangnya Metana di Mars

Ada beberapa data hilang dan munculnya methana di Mars yang membingungkan ilmuwan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars
Foto: NASA
Mars

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa tahun terakhir, penjelajah Curiosity milik Badan Antariksa Amerika (NASA) telah mengambil jejak kecil metana berkali-kali di Mars. Meskipun emisi ini mungkin berasal dari beberapa proses geologis, ada kemungkinan metana dapat menunjukkan keberadaan semacam bentuk di kehidupan di Mars.

Metana adalah molekul organik yang menggantung di atmosfer Bumi. Di Bumi, sebagian besar metana diproduksi oleh organisme hidup. Terdeteksinya metana di Mars telah menjadi misteri aneh bagi para ilmuwan planet.

Baca Juga

Dilansir dari Science Alert, Kamis (1/7) ilmuwan sangat senang dengan temuan metana, tetapi datanya membingungkan. Lebih tinggi di atmosfer, teknologi yang mengorbit dari Badan Antariksa Eropa (ESA) tidak mendeteksi metana dalam konsentrasi apa pun.

Itu aneh, karena meskipun gumpalan metana akan mencair ke atmosfer Mars, instrumen cukup sensitif untuk tetap mendeteksi petunjuk itu.

“Ketika tim Eropa mengumumkan bahwa mereka tidak mendeteksi metana, saya benar-benar terkejut,” kata ilmuwan planet Chris Webster dari Jet Propulsion Laboratory NASA.

Webster dan rekan-rekannya kembali untuk melihat data lagi, mengesampingkan setiap faktor kecil yang mungkin berkontribusi pada deteksi penjelajah dari metana.

 

"Saya tidak bisa melebih-lebihkan upaya yang dilakukan tim untuk melihat setiap detail kecil untuk memastikan pengukuran itu benar, dan memang benar,” katanya.

Ternyata, gumpalan metana yang diukur dengan Curiosity bukanlah kebetulan. Sebaliknya, perbedaan dalam pengukuran bermuara pada Matahari. Tim menemukan metana di permukaan Mars dapat surut dan mengalir seiring waktu. Kekuatan-instrumen intensif Curiosity mendeteksi bahwa metana sebagian besar beroperasi pada malam hari.

Ini adalah saat atmosfer Mars lebih tenang, yang berarti metana tidak naik dan mencair ke atmosfer seperti yang terjadi di siang hari. Akibatnya, para peneliti berpikir gas menempel di dekat permukaan planet pada malam hari,  dan pada siang hari metana diencerkan sehingga instrumen orbit ESA (yang membutuhkan sinar matahari untuk bekerja) tidak dapat mendeteksi dari jauh.

Untuk mengonfirmasi prediksi mereka, tim peneliti mengumpulkan pengukuran presisi tinggi metana Mars selama dua hari. Pertama kali Curiosity melakukannya di siang hari dan mereka juga melakukan pengukuran pada malam hari. Seperti yang diharapkan, metana yang merembes di dekat permukaan planet pada malam hari dan larut ke atmosfer pada siang hari.

“John (E. Moores, anggota lain dari tim sains Curiosity) meramalkan metana akan secara efektif turun ke nol pada siang hari, dan dua pengukuran siang hari kami mengonfirmasi hal itu,” kata ilmuwan planet Paul Mahaffy dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

“Jadi itu salah satu cara untuk menyelesaikan perbedaan besar ini,” ujarnya lagi.

Masih belum jelas, mengapa metana tampaknya tidak menumpuk di atmosfer Mars dari waktu ke waktu. Menurut para peneliti, itu harus bertahan setidaknya 300 tahun sebelum terdegradasi dalam radiasi yang mengalir dari Matahari.

Karena tidak mungkin kawah Gale menjadi satu-satunya sumber rembesan mikro planet ini dari metana (karena kawah Gale tidak begitu istimewa dari perspektif geologis), mereka berpikir pasti ada sesuatu yang menghancurkan atau menyerap semua metana itu sebelum bisa berkumpul di atmosfer.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement