Senin 28 Jun 2021 05:30 WIB

Danau Bawah Tanah di Mars Semakin Misterius

Ilmuwan dibuat bingung dengan data-data soal danau yang ada di Planet Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ilustrasi yang menunjukan kemungkinan adanya danau Purba di Mars.
Foto: NASA
Ilustrasi yang menunjukan kemungkinan adanya danau Purba di Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 2018, para ilmuwan membuat penemuan yang mengubah pemahaman tentang planet Mars. Sinyal radar yang dipantulkan tepat di bawah permukaan planet mengungkapkan 'potongan kecil yang bersinar' yang menunjukkan adanya danau bawah tanah permukaan Mars.

Dilansir dari Science Alert, Ahad (27/6), meskipun Mars memiliki air dalam bentuk es, hingga saat ini tidak ada setetes pun benda cair yang pernah ditemukan di Mars.

Baca Juga

Menurut analisis baru, yang telah menemukan lusinan lebih dari potongan kecil mengkilap ini, beberapa di antaranya berada di daerah yang terlalu dingin untuk air jernih, bahkan air asin, yang dapat memiliki suhu beku lebih rendah daripada air tawar.

“Kami tidak yakin apakah sinyal-sinyal ini adalah air cair atau bukan, tetap tampaknya jauh lebih luas daripada apa yang ditemukan kertas asli,” kata ilmuwan planet Jeffrey Plaut dari Jet Propulsion Laboratory NASA.

“Entah air cair umum di bawah kutub selatan Mars, atau sinyal ini menunjukkan sesuatu yang lain,” ujarnya menambahkan.

Pada 2018 ilmuwan menemukan fitur danau pertama. Fitur pertama ditemukan di kutub selatan Mars, di bawah lapisan es, menggunakan instrumen Mars Advanced Radar for Subsurface and Ionosphere Sounding (MARSIS) di pengorbit Mars Express.

Pencarian lanjutan dari data yang diarsipkan mengungkapkan tiga fitur mirip danau ini. MARSIS menggunakan sinyal radar untuk menyelidiki di bawah lapisan es Mars, yang terdiri dari lapisan karbon dioksida dan es air yang berselang-seling.

Kita tahu, dari penggunaan teknologi semacam itu di Bumi, sinyal mana yang mengindikasikan material tertentu.

“Beberapa jenis material memantulkan sinyal radar lebih baik daripada yang lain, dan air cair adalah salah satu ‘materi’. Oleh karena itu, ketika sinyal yang datang dari bawah permukaan lebih kuat daripada yang dipantulkan oleh permukaan, kami dapat memastikan bahwa kami berada di keberadaan air cair,” kata ilmuwan planet Graziella Caparelli dari University of Southern Queensland di Australia kepada Science Alert tahun lalu.

Sinyal yang datang dari potongan kecil bawah permukaan ini memang lebih kuat dari sinyal yang datang dari permukaan itu sendiri. Namun, wilayah di mana mereka ditemukan relatif kecil.

Jadi Plaut dan ilmuwan planet Aditya Khuller dari Arizona State University memperluas pencarian. Mereka memetakan 44 ribu pengukuran selama 15 tahun data MARSIS untuk mencakup seluruh kutub selatan Mars.

Mereka menemukan lusinan potongan kecil yang sangat reflektif tersebar dalam rentang yang lebih besar daripada diidentifikasi sebelumnya. Tetapi permukaan beberapa potongan kecil baru terletak hampir satu kilometer atau lebih (kurang dari satu mil) di bawah permukaan, di mana suhu titik diperkirakan sekitar 210 Kelvin  -63 derajat Celcius.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa air yang mengandung garam kalsium dan magnesium dapat tetap cair pada suhu serendah 150 Kelvin untuk jangka waktu yang sangat lama. Mars kaya akan garam kalsium dan magnesium, serta natrium. Namun, sebuah makalah tahun 2019 menemukan bahwa tidak ada jumlah garam yang cukup untuk mencairkan es di dasar endapan berlapis kutub selatan Mars.

Mereka menyimpulkan bahwa perlu ada beberapa bentuk pemanasan basal, mungkin dalam bentuk aktivitas panas bumi: vulkanisme. Namun, sementara ada bukti terbaru dari aktivitas vulkanik di Mars, itu terletak di garis lintang yang lebih rendah, bukan kutub.

“Mereka menemukan bahwa dibutuhkan dua kali lipat perkiraan aliran panas geotermal Mars untuk menjaga air ini tetap cair. Salah satu cara yang mungkin untuk mendapatkan jumlah panas ini adalah melalui vulkanisme,” jelas Khuller.

“Namun, kami belum benar-benar melihat bukti kuat untuk vulkanisme baru-baru ini di kutub selatan, jadi tampaknya tidak mungkin aktivitas vulkanik akan memungkinkan air cair di bawah permukaan hadir di seluruh wilayah ini,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement