Selasa 29 Jun 2021 19:47 WIB

TPU Tapos Depok Gunakan Alat Berat Gali Kubur Jenazah Covid

TPU Tapos Depok gunakan alat berat mempercepat menggali kubur untuk jenazah Covid.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan
Pengalian makam untuk jenazah Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengalian makam untuk jenazah Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Unit Pelaksana Teknis Dinas Tempat Pemakaman Umum (UPTD TPU) Karabas Tapos, Kota Depok, menggunakan alat berat untuk mempercepat proses penggalian kubur jenazah korban Covid-19. Alat berat tersebut berasal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok. 

"Sudah tiga hari ini kami dibantu Satuan Tugas (Satgas) Dinas PUPR untuk menggali kubur menggunakan alat berat berupa spider mini. Tujuannya untuk memangkas dan mempercepat waktu penggalian kubur," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati di Kantor DLHK Kota Depok, Selasa (29/6).

Baca Juga

Menurut Ety, saat ini petugas penggali kubur di TPU Karaba berjumlah 80 orang. Namun demikian, imbuhnya, jumlah tersebut tidak cukup untuk melakukan penggalian dalam jumlah banyak.

"Kasus terus meningkat, dibarengi dengan kasus kematian akibat Covid-19. Dalam seminggu terakhir, jenazah yang berdatangan di atas 10. Ambulans juga harus antri untuk menunggu lubang siap," katanya.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Dadan Rustandi menambahkan, pihaknya mengirim tiga Satgas dan sebuah alat berat untuk melakukan penggalian kubur di TPU Karaba Tapos. "Kami berharap, perbantuan ini bisa meringankan pekerjaan penggali kubur. Karena memang, saat ini kasus korban meninggal Covid-19 sedang tinggi. Mudah-mudahan bisa meringankan kerja penggali kubur," harapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement