Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

16 Besar Euro 2020: Jadwal dan Ringkasan Pratinjau Laga

Kamis 24 Jun 2021 20:10 WIB

Red: Andri Saubani

Pemain Kroasia Nikola Vlasic, tengah, merayakan setelah mencetak gol pembuka ke gawang kiper Skotlandia David Marshall pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

Pemain Kroasia Nikola Vlasic, tengah, merayakan setelah mencetak gol pembuka ke gawang kiper Skotlandia David Marshall pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow, Rabu (23/6) dini hari WIB.

Foto: AP Photo/Petr David Josek
Dua laga bigmatch tersaji yakni Belgia vs Portugal dan Inggris vs Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, Euro 2020 telah merampungkan babak penyisihan grup lewat sajian laga-laga terakhir fase grup yang berakhir cukup dramatis. Empat tim yang sebelum turnamen dianggap sebagai unggulan yakni Belgia, Inggris, Jerman dan Portugal dipertemukan dalam babak 16 besar selepas seluruh rangkaian fase penyisihan grup rampung dimainkan pada Kamis dini hari WIB.

Wales vs Denmark

Baca Juga

Pada laga pertama dalam jadwal 16 besar EURO 2020, Wales akan bertemu Denmark di Amsterdam, Belanda pada 26 Juni. Wales lolos 16 besar sebagai runner-up Grup A dengan raihan empat poin kendati di laga terakhirnya menelan kekalahan 0-1 melawan Italia.

"Rasanya seperti menang karena kami finis di posisi kedua," kata Pelatih interim tim nasional Wales Rob Page selepas laga melawan Italia, dilansir laman resmi UEFA.

Adapun, Denmark seolah disemangati insiden kolapsnya Christian Eriksen di laga pembuka Grup B dan mampu meloloskan diri sebagai runner-up berkat kemenangan heroik kontra Rusia di laga pemungkas. Kemenangan 4-1 atas Rusia menunjukkan daya juang heroik Mikkel Damsgaard dkk meski kalah pada dua laga sebelumnya.

 

 

Kemenangan besar 4-1 ini semakin berarti banyak bagi Denmark, setelah Belgia memberikan 'hadiah' kepada mereka dengan menaklukkan Finlandia 2-0 dalam pertandingan Grup B lainnya. Belgia menyapu bersih tiga pertandingannya di Grup B dengan mengalahkan ketiga lawannya, sedangkan Denmark menyalip Finlandia ke urutan kedua dengan nilai sama tapi menang selisih gol.

Laga Wales kontra Denmark akan digelar di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, pada Sabtu (26/6) pukul 23.00 WIB. Kedua tim 10 kali bertemu sepanjang sejarah di mana Wales cuma empat kali menang dan enam kali menjadi milik Denmark, termasuk dua pertemuan terakhir di UEFA Nations League 2018/19.

 

Italia vs Austria

Italia menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar dan mereka menyempurnakannya dengan menyapu bersih Grup A seusai menundukkan Wales 1-0. Austria mencetak sejarah ketika mengalahkan Ukraina dan untuk pertama kalinya lolos ke babak gugur Euro, sebagai runner-up Grup C dengan raihan enam poin.

Pertandingan Italia vs Austria akan menjadi satu dari dua laga 16 besar Euro 2020 yang dimainkan di London dan dijadwalkan sepak mula pada Ahad (27/6) dini hari pukul 02.00 WIB. Selain karena berstatus unggulan turnamen, Italia juga punya bekal catatan nirkalah kontra Austria dalam 13 pertemuan terakhir yang 10 di antaranya mereka menangi.

Italia menjadi satu-satunya tim yang hampir memainkan seluruh pemain dalam skuad selama babak penyisihan. Pelatih tim nasional Italia Roberto Mancini mengaku, sengaja memberikan kesempatan banyak pemain untuk membuktikan diri bahwa mereka punya kemampuan untuk memperebutkan tempat di skuad utama.

"Semua pemain di tim ini harus membuktikan, mereka adalah pemain pilihan utama," kata Mancini selepas laga seusai laga lawan Wales, dilansir laman resmi UEFA.

photo
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini. - (Republika.)
 

 

Belanda vs Republik Ceko

Belanda lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C dan merupakan tim paling produktif dalam babak penyisihan dengan koleksi delapan gol, serta untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah menyapu bersih fase grup Euro setelah edisi 2000 dan 2008. Sementara, Ceko patut kecewa pada akhirnya hanya lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga Grup C lantaran di laga pemungkas kalah 0-1 melawan Inggris dan di laga lain Kroasia menyalip mereka berbekal kemenangan 3-1 atas Skotlandia.

"Kami melakukannya dengan baik dalam grup ini, namun kami masih harus menunjukkan diri kami melawan tim lain. Keterbukaan tim mungkin akhirnya bisa saja merusak mereka, tetapi jika tim De Boer terus bermain seperti ini, maka ini bakal menjadi perjalanan yang mengasyikan," kata kapten Belanda, Georginio Wijnaldum.

Pertandingan Belanda vs Ceko akan dimainkan di Puskas Arena, Budhapest, pada Ahad (27/6) pukul 23.00 WIB. Ceko boleh jadi tidak lebih diunggulkan dibandingkan Belanda, tapi catatan pertemuan kedua tim mereka punya keunggulan yakni lima kali menang, tiga kali imbang dan tiga kali kalah. Dua pertemuan terakhir bahkan dimenangi oleh Ceko dalam fase kualifikasi Euro 2016, yang turut bertanggung jawab membuat Belanda absen dari babak utama.

photo
Georginio Wijnaldum dari Belanda melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Makedonia Utara dan Belanda di Amsterdam, Belanda, 21 Juni 2021. - (EPA-EFE/Kenzo Tribouillard )
 

 

Belgia Vs Portugal

Belgia merupakan satu dari tiga tim yang bisa menyapu bersih kemenangan fase grup dan lolos sebagai juara Grup B setelah 'mematahkan hati' tim debutan turnamen Finlandia pada laga terakhir. Adapun, Portugal untuk dua edisi beruntun kembali lolos ke babak 16 besar berstatus salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup setelah menempati posisi ketiga Grup F yang disebut-sebut grup neraka.

Dua gol ke gawang Prancis pada laga terakhir Grup B, membuat Cristiano Ronaldo kini bercokol sendiri di puncak daftar top skorer sementara Euro 2020 dengan koleksi lima gol, meninggalkan penyerang Republik Ceko Patrik Schick yang belum mampu beranjak dari raihan tiga gol.

 

 

 

Raihan Schick kini disamai oleh kapten Belanda Georginio Wijnaldum, penyerang Belgia Romelu Lukaku, gelandang serang Swedia Emil Forsberg serta bomber Polandia Robert Lewandowski. Sayangnya, Lewandowski dipastikan tidak akan bisa menambah raihan golnya lagi sebab Polandia gagal lolos ke babak 16 besar.

Laga Belgia vs Portugal adalah pertandingan antara tim peringkat pertama FIFA dan juara bertahan Euro yang dijadwalkan berlangsung di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Senin (28/6) pukul 02.00 WIB. Belgia tak terkalahkan melawan Portugal dalam lima pertemuan terakhir termasuk memenangi tiga di antaranya.

 

 

Kroasia vs Spanyol

Spanyol yang mengawali petualangan di Grup E dengan dua hasil imbang seolah membuka keran golnya di laga terakhir untuk melumat habis Slovakia 5-0 dan lolos sebagai runner-up. Kroasia pn membuktikan status runner-up Piala Dunia 2018 bukanlah kebetulan dengan mengalahkan Skotlandia 3-1 di laga terakhir Grup D untuk lolos sebagai runner-up.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic memuji habis-habisan Luka Modric setelah sang kapten menciptakan gol menawan ketika menang 3-1 atas Skotlandia yang memastikan mereka melaju ke 16 besar 2020. Setelah dikalahkan Inggris dan kemudian ditahan seri oleh Republik Ceko, Kroasia berada dalam tekanan besar dalam pertandingan terakhirnya di Grup D tetapi finalis Piala Dunia 2018 itu mengatasinya dengan tiga gol yang dilesakkan Modric, Nikola Vlasic dan Ivan Perisic untuk finis urutan kedua.

Penampilan Modric menjadi bahan pertanyaan selama Euro tetapi pemain berusia 35 tahun itu membuat finis yang sensasional ke sudut gawang dengan tendangan dari punggung kakinya sehingga mengubah kedudukan 2-1 pada babak kedua. "Kita selalu memperkirakan Luka akan memudar, dia akan kehilangan kekuatannya. Dia adalah orang yang membuat seluruh tim kompak. Dia tidak menyerah," kata Dalic.

Kroasia vs Spanyol akan dimainkan di Stadion Parken, Kopenhagen, pada Senin (28/6) mulai pukul 23.00 WIB. Kedua tim terakhir kali bertemu di UEFA Nations League 2018/19, di mana Spanyol memenangi pertandingan pertama dengan skor telak 6-0 sebelum Kroasia membalas dengan "hanya" 3-2.

 

photo
Pemain Kroasia Luka Modric merayakan setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow, Rabu (23/6) dini hari WIB. - ( Robert Perry/Pool via AP)
 

Prancis vs Swiss

Prancis lolos sebagai juara Grup F dengan hasil yang relatif tidak superior dengan hanya meraih lima poin, hanya tiga tahun setelah menjuarai Piala Dunia 2018. Sementara, Swiss merupakan tim pertama yang lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik penyisihan grup dengan raihan empat poin dan selisih gol defisit satu di Grup A.

Prancis dan Swiss akan terbang ke Bucharest, Rumania, untuk memainkan pertandingan mereka di Stadion Nationala Arena pada Selasa (29/6) mulai pukul 02.00 WIB. Lima tahun lalu kedua tim bertemu di Grup A Euro 2016 dan berbagi satu poin setelah imbang 0-0, tapi Prancis sudah hampir tiga dasawarsa tidak pernah kalah melawan Swiss. Terakhir kali terjadi pada 1992 dalam laga persahabatan yang dimenangi Swiss 2-1.

 

Inggris vs Jerman

Lolos sebagai juara Grup D, Inggris adalah tim yang produktivitas golnya paling minimalis di antara tim-tim juara grup lainnya, yakni hanya dua gol saja. Jerman lolos sebagai runner-up Grup F setelah nyaris dikejutkan oleh Hongaria dan akhirnya bisa mengimbangi lawannya itu dengan skor 2-2 di laga pemungkas.

Inggris jelas diunggulkan karena mereka akan menjamu Jerman di Wembley, London, pada Selasa (29/6) pukul 23.00 WIB, dan lawannya besar kemungkinan tanpa suporter karena regulasi terkait Covid-19 mengharuskan pendatang menjalani karantina 10 hari setibanya di Inggris.

 

 

Jerman adalah sumber kekecewaan Inggris di turnamen-turnamen bergengsi dari tahun ke tahun, termasuk saat kalah adu penalti dalam semifinal Euro 1996 yang juga dimainkan di Wembley saat itu. Laga ini akan menjadi pembuktian apakah Inggris akhirnya mampu menaklukkan superioritas Jerman selama ini.

Manajer tim nasional Inggris Gareth Southgate mengatakan timnya akan tampil lebih baik lagi pada babak 16 besar. Southgate merasa masih ada ruang perbaikan bagi timnya.

"Saya rasa masih ada hal lain yang akan kami tampilkan tentunya, kami belum mencetak gol dari set-play, kami belum lancar tapi kami memiliki momen di mana kami terlihat bermain bagus," kata Southgate.

 

Swedia vs Ukraina

Swedia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah kemenangan dramatis 3-2 atas Polandia yang menyusul keberhasilan mereka mengimbangi tim unggulan Spanyol di laga pertama. Ukraina adalah salah satu tim yang memanfaatkan jalur peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke 16 besar kendati hanya meraih tiga poin dan defisit satu gol di Grup C.

Swedia vs Ukraina akan dimainkan di Hampden Park, Glasgow, pada Rabu (30/6) mulai pukul 02.00 WIB. Kedua tim hanya pernah bertemu empat kali sepanjang sejarah dan Swedia kalah tiga kali, termasuk dalam babak penyisihan grup di Euro 2012.

 

photo
10 Pesepakbola Muslim yang Berlaga di Euro - (About Islam)

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA