Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Waspada, 8 Aplikasi Android Ini Curi Data dan Uang Pengguna

Rabu 23 Jun 2021 12:28 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Playstore. Ilustrasi

Playstore. Ilustrasi

Foto: Ubergizmo
Peneliti menemukan 8 aplikasi terinfeksi malware yang bisa mencuri data.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini, peneliti di Quick Heal Security Labs menemukan delapan aplikasi Android yang berbahaya. Dilansir dari Phone Arena, Rabu (23/6), aplikasi ini terinfeksi malware yang dapat mendaftarkan pengguna Android ke langganan berbayar mahal yang tidak diinginkan pengguna. 

Malware ini juga dapat mencuri data pribadi pengguna, daftar kontak, informasi perangkat, pesan, melakukan panggilan telepon dan lainnya. Aplikasi yang terinfeksi meliputi Auxiliary Message, Fast Magic SMS, Free CamScanner dan Super Message. Kemudian ada juga Element Scanner, Go Messages, Travel Wallpapers dan Super SMS.

Baca Juga

Google telah menghapus aplikasi-aplikasi ini dari Store. Namun, jika aplikasi ini sudah terinstal di ponsel masih dapat menyebabkan kerusakan. Karena itu, jika Anda memiliki salah satu aplikasi ini di ponsel Android Anda, Anda harus segera menghapusnya.

Quick heal Security Labs menyarankan agar para pengguna memperhatikan peringkat dan ulasan yang ditinggalkan oleh pengguna aplikasi. Ulasan dengan peringkat rendah sering kali dapat memberitahu Anda bahwa ada yang salah dengan aplikasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA