Senin 21 Jun 2021 12:54 WIB

Aktris Angelina Jolie Kunjungi Kamp Pengungsi Burkina Faso

Kamp Burkina Faso menampung ribuan warga Mali yang melarikan diri dari kekerasan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Angelina Jolie
Foto: AP
Angelina Jolie

REPUBLIKA.CO.ID, OUAGADOUGOU – Aktris Angelina Jolie mengunjungi kamp pengungsi di Burkina Faso pada Ahad (20/6). Kamp tersebut menampung ribuan warga Mali yang melarikan diri dari kekerasan kelompok militan di wilayah tersebut.

 

Baca Juga

Jolie, yang juga menjabat duta besar untuk organisasi pengungsi PBB, UNHCR, mengunjungi kamp di Goudebou. Dia datang dengan menggunakan helikopter dan didampingi Menteri Luar Negeri Burkina Faso Alpha Barry. Kunjungan Jolie ke sana dalam rangka memperingati Hari Pengungsi Sedunia.

 

“Saya telah memperingati hari ini setiap tahun selama 20 tahun dengan pengungsi di berbagai negara. Saya tidak pernah khawatir tentang keadaan pengungsian secara global seperti saya hari ini,” kata Jolie.

 

Menurut dia, saat ini upaya menemukan solusi guna membawa kembali para pengungsi ke rumahnya belum mencapai separuhnya. Dukungan kepada negara-negara tuan rumah bagi pengungsi seperti Burkina Faso juga belum maksimal. Padahal mereka turut menyediakan bantuan dan kebutuhan dasar, termasuk perlindungan.

 

Sejak 2012, sekitar 22 ribu pengungsi dari berbagai negara telah mengungsi ke Burkina Faso. Mereka termasuk banyak warga Mali yang melarikan diri dari kekerasan kelompok militan di wilayah utara dan tengah negara tersebut.

 

Sejak 2015, Burkina Faso turut menjadi target operasi terror ISIS dan Al-Qaeda. Lebih dari 1.400 orang di sana telah tewas dan sekitar satu juta lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement