Senin 21 Jun 2021 12:43 WIB

Israel Izinkan Ekspor Terbatas Produk Pertanian dari Gaza

Israel memblokade wilayah Gaza selama hampir 14 tahun

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Pertanian Gaza
Foto: btselem.org
Pertanian Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Pemerintah Israel mengatakan pihaknya akan mengizinkan ekspor terbatas produk pertanian dari Jalur Gaza. Israel diketahui telah memblokade wilayah tersebut selama hampir 14 tahun.

 

Baca Juga

"Ekspor terbatas produk pertanian dari Jalur Gaza akan dimulai Senin (21/6),” kata Cogat, yakni badan militer Israel yang mengelola urusan sipil di wilayah Palestina, dalam sebuah pernyataan pada Ahad (20/6).

 

Produk-produk pertanian akan diizinkan keluar dari Gaza melalui penyeberangan Kerem Shalom. Cogat mengungkapkan tindakan sipil tersebut, yang telah disetujui eselon politik, bergantung pada pemeliharaan stabilitas keamanan.

 

Pada Kamis (17/6) pekan lalu, Israel kembali melancarkan serangan ke Gaza. Mereka membidik fasilitas-fasilitas milik Hamas. Dalam serangannya, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menargetkan landasan pacu di dekat Khan Younis. Sejumlah situs militer Hamas juga turut diserang. "Serangan (ke Gaza) itu dilakukan sebagai respons atas peluncuran balon pembakar yang terus berlanjut di wilayah Israel," kata IDF dalam keterangannya, dikutip laman Times of Israel. 

 

Menurut layanan pemadam kebakaran Israel, balon-balon pembakar yang diterbangkan dari Gaza memicu setidaknya delapan kebakaran di wilayah selatan Israel pada Kamis pekan lalu. Terdapat empat kebakabaran pada Rabu (16/6) dan belasan kebakaran lainnya pada Selasa (15/6). 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement