Kamis 17 Jun 2021 19:12 WIB

Korut Sumbang 300 Ribu Dolar AS untuk Myanmar

Ini merupakan sumbangan pertama Korea Utara ke negara lain sejak 2005

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Bendera Korea Utara.
Foto: Flickr
Bendera Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Utara telah memberikan kontribusi bantuan senilai 300 ribu dolar AS dalam misi kemanusiaan yang dipimpin PBB untuk Myanmar. Hal ini merupakan sumbangan pertama Korea Utara ke negara lain sejak 2005.

Layanan pelacakan keuangan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menunjukkan Korea Utara membayar kontribusi pada 24 Mei kepada Dana Kemanusiaan Myanmar. Dana Kemanusiaan Myanmar telah mengumpulkan 276 juta dolar AS dan akan digunakan untuk membantu Myanmar yang saat ini sedang bergejolak.

Baca Juga

Korea Utara terakhir kali menyumbang bantuan keuangan kepada PBB pada 2005. Ketika itu Korea Utara memberikan 150 ribu dolar AS untuk membantu Indonesia, India, Thailand, Malaysia, Maladewa, dan Sri Lanka yang mengalami musibah tsunami dahsyat padaDesember 2004.

Korea Utara telah menjalin hubungan bilateral dengan Myanmar. Pemantau PBB mengatakan Pyongyang memasok senjata ke Myanmar. Saat ini PBB sedang menyelidiki kerja sama rudal antara kedua negara.

Selain Korea Utara, Korea Selatan juga telah memberikan sumbangan 600 ribu dolar AS kepada PBB untuk mendukung Myanmar. Namun Korea Selatan telah menangguhkan pertukaran pertahanan dan melarang ekspor senjata serta barang-barang strategis lainnya ke Myanmar.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement