Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Puluhan Rumah di Martapura Barat Rusak Akibat Puting Beliung

Jumat 11 Jun 2021 22:19 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Seorang warga melihat atap rumahnya yang jatuh akibat diterjang angin kencang (ilustrasi)

Seorang warga melihat atap rumahnya yang jatuh akibat diterjang angin kencang (ilustrasi)

Foto: Kornelis Kaha/Antara
Berlangsung sekitar 30 menit hingga satu jam diawali hujan cukup lebat

REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA -- Puluhan unit rumah yang tersebar di sejumlah titik di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan rusak akibat diterjang tiupan angin kencang atau puting beliung yang melanda, Jumat (11/6) petang. Pelaksana Tugas Camat Martapura Barat Ahmad Rabbani dihubungi, Jumat malam mengatakan, musibah akibat fenomena alam itu, terjadi sekitar pukul 17.30 WITA membuat puluhan rumah rusak berat dan ringan.

"Rumah di Desa Penggalaman yang rusak baik berat, ringan maupun rusak sedang ada 26 unit terdiri dari 15 buah rusak berat, lima yang rusak sedang dan enam rusak ringan," ujar dia melalui sambungan telepon.

Baca Juga

Disebutkan, selain Desa Penggalaman, puting beliung menerjang dua desa lainnya yakni Keliling Benteng Tengah dua buah rumah, satu rusak ringan, satu rusak berat serta di Desa Keliling Benteng Ulu satu buah rusak berat. "Kejadiannya berlangsung sekitar 30 menit hingga satu jam diawali hujan cukup lebat disertai tiupan angin kencang yang merusak bangunan dan rumah-rumah warga yang menjadi jalur lintasan angin," ucapnya.

Dia mengatakan, pihaknya dibantu aparatur desa masih melakukan pendataan warga yang menjadi korban. Dimana untuk sementara mereka mengungsi ke mushala maupun tinggal sementara di tempat keluarga. Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjar Irwan Kumar dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya langsung turun lapangan ke lokasi untuk mengirimkan tenda dan makanan bagi pengungsi di tempat bencana tersebut.

"Satu unit tenda besar yang cukup menampung beberapa kepala keluarga sudah dikirim agar korban bencana bisa tinggal sementara," ujar Kumar seraya menyebut Bupati Banjar Saidi Mansyur rencananya mengunjungi lokasi bencana, Sabtu besok.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA