Senin 29 Mar 2021 19:16 WIB

Masyarakat Kudus Diimbau Waspadai Puting Beliung

Puting beliung terjadi di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kudus, Senin (29/3).

Puting beliung. Ilustrasi
Foto: EPA
Puting beliung. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS, JATENG -- Masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diminta mewaspadai ancaman puting beliung. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kudus Budi Waluyo mengatakan sudah ada daerah di kota ini yang dilanda bencana puting beliung.

"Bencana alam puting beliung di antaranya terjadi di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kudus, pada Senin (29/3) ini," katanya di Kudus, Senin.

Akibat peristiwa alam tersebut, kata dia, tercatat ada tujuh rumah yang genteng atap rumah berserakan karena ditiup angin. Untuk itu, kata dia, masyarakat patut waspada terhadap bencana puting beliung maupun bencana alam lainnya sehingga dampaknya bisa diminimalkan.

Apalagi, hujan masih sering kali terjadi. Berdasarkan informasi warga desa setempat, bencana puting beliung tersebut terjadi pukul 15.30 WIB ketika turun hujan yang disertai angin kencang yang berhembus dari barat daya ke timur laut.

Selain menerbangkan ribuan genteng rumah warga, tercatat atap rumah yang menggunakan bahan galvalum juga ikut terdampak. Relawan BPBD Kudus juga langsung terjun ke lokasi kejadian untuk membantu memperbaiki rumah warga, serta ada yang bekerja melakukan evakuasi pohon tumbang yang melintang di jalan raya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement