Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini

Kamis 10 Jun 2021 09:01 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Jaringan internet (ilustrasi).

Jaringan internet (ilustrasi).

Foto: Www.freepik.com
Beberapa situs besar seperti Amazon dan situs-situs berita offline dalam 49 menit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 8 Juni, beberapa situs web terbesar di internet secara bersamaan offline. Pembeli online tidak dapat mengakses Amazon dan berita terkini tidak dapat dipublikasikan di The New York Times, CNN atau The Verge. Reddit juga down.

Di balik down-nya beberapa situs web paling populer pekan ini, ternyata tidak konspirasi besar. Apa sebabnya?

Baca Juga

Dilansir dari Mashable, Kamis (10/6), seorang pelanggan layanan CDN mengubah pengaturan jaringan mereka, mengaktifkan kesalahan yang menghapus petak besar World Wide Web (WWW).

Pada Selasa (8/6) malam, penyedia CDN Fastly menerbitkan sebuah posting di situs webnya yang menjelaskan masalah dengan layanannya yang menyebabkan situs web offline lebih awal pada hari itu. Menurut wakil presiden senior teknik dan infrastruktur Fastly, Nick Rockwell, pembaruan perangkat lunak dari bulan lalu tanpa sadar “memperkenalkan” bug ke platform.

Selasa (8/6) pagi dini hari ketika satu pelanggan -seperti yang dikatakan Gizmodo- mengkonfigurasi ulang koneksi internetnya, perubahan itu kemudian memicu efek domino yang menghapus beberapa situs terbesar di web.

“Seorang pelanggan mendorong perubahan konfigurasi yang valid yang mencakup keadaan spesifik yang memicu bug, yang menyebabkan 85 persen jaringan kami mengembalikan kesalahan,” kata Rockwell.

Menurut Fastly, perusahaan mendeteksi pemadaman dalam satu menit dan segera bekerja untuk menyelesaikan masalah. Setelah mengetahui masalahnya, 95 persen situs web yang terpengaruh kembali online dengan waktu henti 49 menit, tulis Rockwell.

Banyak situs web dengan perdagangan tinggi favorit menggunakan penyedia CDN seperti Fastly atau Cloudflare. Ketika mereka bekerja, CDN, atau jaringan pengiriman konten, membantu meningkatkan kinerja situs web dan mengirimkan konten kepada pengguna lebih cepat dan lebih efisien.

Namun, ketika CDN tidak berfungsi, hal itu sangat terlihat karena mempengaruhi beberapa platform internet paling populer. Baru tahun lalu, misalnya, masalah Cloudflare menyebabkan layanan seperti Discord untuk sementara turun. Itu juga bukan yang pertama kali terjadi.

Fastly mengatakan sedang melakukan perbaikan bug dan menyelidiki lebih lanjut untuk memastikan masalah ini tidak terjadi lagi. Meskipun gangguan teknis dan kesalahan manusia akan selalu terjadi pada platform atau layanan apa pun, itu jelas bukan pertanda baik bahwa gangguan dan kesalahan-dari satu sumber- dapat menyebabkan masalah yang meluas seperti itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA