Kamis 10 Jun 2021 06:50 WIB

Ratu Inggris Tetapkan Nama Mawar dengan Gelar Kerajaan Suami

Penanaman ini menandai ulang tahun Pangeran Philip yang ke-100.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Ratu Elizabeth II.
Foto: AP/Ben Stansall/AFP Pool
Ratu Elizabeth II.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ratu Inggris Elizabeth II telah memberikan sebuah nama jenis  mawar dengan nama mendiang suaminya, Pangeran Philip. Istana Buckingham menyatakan, penamaan tersebut untuk menandai ulang tahun Pangeran Philip yang ke-100 pada hari Kamis (10/6).

Anggota Kerajaan Inggris yang memiliki gelar Duke of Edinburgh ini telah meninggal pada 9 April. Kepergiannya hanya dua bulan sebelum ulang tahun yang bersejarah setelah lebih dari tujuh dekade menikah dengan Ratu yang sekarang berusia 95 tahun.

Baca Juga

Istana Buckingham mengatakan bahwa minggu lalu Ratu Elizabeth telah dihadiahi Duke of Edinburgh Rose sebagai cara untuk mengenangnya. Sejak itu telah ditanam di perbatasan mawar Taman Teras Timur di rumah Windsor Castle di sebelah barat London. Tempat itu adalah hunian Ratu menghabiskan sebagian besar waktunya sejak pecahnya pandemi Covid-19 dan ketika suaminya meninggal.

"Sementara menjadi sangat pedih, itu menyenangkan untuk memberikan Yang Mulia Ratu ... Duke of Edinburgh Rose untuk menandai ulang tahun ke-100 (nya) dan untuk mengingat hidupnya yang luar biasa," kata Presiden Perkumpulan Hortikultura Kerajaan, Keith Weed.

Royalti dari penjualan setiap mawar akan disumbangkan ke Duke of Edinburgh Award Living Legacy Fund. Yayasan ini mendukung skema untuk kaum muda yang didirikan Pangeran Philip dan yang sekarang beroperasi di lebih dari 130 negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement