Selasa 08 Jun 2021 22:29 WIB

Jawara Ingin UMKM Kota Depok Berkembang Bersama

Jawara berharap menjadi wadah membangun relasi sebagai bekal pengembangan bisnis.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Fuji Pratiwi
Logo komunitas UMKM Jawara Kota Depok. Jawara berharap menjadi wadah membangun relasi sebagai bekal pengembangan bisnis.
Foto: jawaradepok.com
Logo komunitas UMKM Jawara Kota Depok. Jawara berharap menjadi wadah membangun relasi sebagai bekal pengembangan bisnis.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebuah wadah tempat berkumpulnya para pengusaha yakni Jaringan Wirausaha (Jawara) Kota Depok terbentuk dan dideklarasikan. Jawara sebagai komitmen untuk menggaungkan semangat wirausaha kalangan muda di Kota Depok, Jawa Barat.

"Ada sebanyak 500 wirausahawan muda tergabung dalam Jawara," ujar Wali Amanah Jawara, Ade Supriatna usai pelantikan pengurus Jawara Kota Depok yang dihadiri Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Baca Juga

Ade menambahkan, terbentuknya Jawara Kota Depok, ternyata mampu menjadi inspirasi bagi para wirausahawan muda di Kota Depok. Mereka melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan pengusaha muda Kota Depok.

"Sejarah awalnya dari Alumni Pelatihan Wirausaha baru, yang di adakan oleh Dinas UMKM Kota Depok waktu itu. Jadi, kami berangkat dari kebersamaan," kata Ade.

Jawara, lanjut Ade, beranggotakan pengusaha-pengusaha muda yang telah sukses di bidangnya masing-masing. Sebut saja Ubaidillah yang sukses berbisnis Restoran Walisoto di Sawangan.

"Sebagian besar pengusaha yang menjadi anggota Jawara juga merupakan alumni, seusai menimba ilmu, memiliki keinginan untuk meneruskan usaha atau membuka usaha baru," kata Ade menjelaskan.

Menurut Ade, sebagian besar dari anggota Jawara tidak memiliki relasi yang dapat membantu perkembangan usahanya. Hadirnya komunitas ini membuat pengusaha punya tempat untuk saling berbagi pengalaman dan membangun relasi di antara mereka.

"Kami berkomitmen untuk maju dan berkembang bersama, yang berpotensi menelurkan pengusaha berkualitas, berintegritas, beretika, dan memiliki peran aktif dalam memajukan perekonomian Kota Depok," tutur Ade.

Ketua Umum Jawara Kota Depok, Ubaidillah mengungkapkan, Jawara Kota Depok merupakan satu wadah mandiri berlandaskan pertemanan yang bertujuan menyatukan usahawan dengan Meneguhkan Kebangkitan UMKM Depok.

"Kami ingin mengakselerasikan pembinaan UKM di Kota Depok. Pengusaha-pengusaha yang berasal dari berbagai bidang usaha berkumpul di sini," ungkap Ubaidillah.

Ubaidillah mengatakan, Jawara juga dapat menjadi wadah untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman bagi anggotanya. Baik yang baru saja terjun ke dunia wirausaha, yang maju, maupun yang tengah berkembang.

"Kita ini kebanyakan anggotanya usahanya bermacam-macam kuliner. Ke depan akan mencoba start up, jaringan lainnya, yang tujuan memperluas wawasan anggota," kata dia.

Jawara Kota Depok ingin tumbuh dan berkembang bersama mitra usaha. Ubaidillah berharap komunitas ini menjadi wadah untuk membangun relasi sebagai bekal pengembangan bisnis. "Lewat wadah ini para pengusaha bisa memperluas hubungan, memunculkan koneksi, lalu menumbuhkan kreatifitas dalam bisnisnya," kata Ubaidillah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement