Selasa 08 Jun 2021 18:37 WIB

Ini Cara Agar Petani Mampu Ekspor Porang Menurut Kementan

Proses perawatan dalam budidaya harus dipenuhi segala kriterianya oleh produsen

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
 Kementerian Pertanian (Kementan) mengingatkan, banyak hal yang harus disiapkan petani jika ingin menembus pasar ekspor dengan porang. (ilustrasi)
Foto: ADENG BUSTOMI/ANTARA
Kementerian Pertanian (Kementan) mengingatkan, banyak hal yang harus disiapkan petani jika ingin menembus pasar ekspor dengan porang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komoditas porang tengah naik daun lantaran tingginya harga dan permintaan ekspor yang mulai naik. Namun, Kementerian Pertanian (Kementan) mengingatkan, banyak hal yang harus disiapkan petani jika ingin menembus pasar ekspor dengan porang.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementan, Suwandi, mengatakan terdapat beberapa hal utama yang diperlukan untuk perdagangan internasional. Pertama, proses perawatan dalam budidaya harus dipenuhi segala kriterianya oleh produsen porang.

Baca Juga

Hal itu harus dipenuhi karena setiap negara punya kriteria yang ketat untuk memastikan komoditas yang ditanam sesuai dengan standar kualitas yang baik. "Kami sudah kerja sama dengan Badan Karantina Pangan dan Kementerian Perdagangan untuk menyelesaikan soal ini," kata Suwandi dalam sebuah webinar, Selasa (8/6).

Adapun yang kedua, produk porang yang diekspor harus dijamin standar keamanannya untuk dikonsumsi masyarakat. Suwandi mengatakan, dua hal itu menjadi yang utama untuk mempersiapkan porang milik petani mampu menjamah pasar ekspor ke berbagai negara.

"Euforia masyarakat terhadap porang sedang sangat tinggi, kami akan bantu supaya sukses, dan itu harus diawali dengan sukses budidaya sehingga harus benar dalam tata kelolanya dahulu," kata Suwandi menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement