Selasa 08 Jun 2021 17:49 WIB

Karyawan Apple Tolak Rencana Kembali Bekerja di Kantor

Karyawan meminta lebih banyak fleksibilitas bekerja.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Apple
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Karyawan Apple menolak rencana untuk kembali bekerja di kantor. Mereka telah meluncurkan kampanye untuk melawan rencana CEO Tim Cook kembali ke kantor.

Pekan lalu, bos Apple mengatakan pekerja harus berada di kantor setidaknya tiga hari seminggu pada bulan September. Tetapi staf menuntut lebih banyak fleksibilitas, menurut surat internal yang diperoleh situs berita The Verge.

Baca Juga

 "Kebijakan Apple telah telah memaksa beberapa rekan kami untuk berhenti", katanya dilansir di BBC, Selasa (8/6).

Menurut surat itu, tanpa inklusivitas yang dibawa oleh fleksibilitas, banyak dari staf merasa harus memilih antara kombinasi keluarga, kesejahteraan, dan diberdayakan untuk melakukan pekerjaan terbaik atau menjadi bagian dari Apple.

"Selama setahun terakhir, kami sering merasa tidak hanya tidak didengar, tetapi kadang-kadang diabaikan secara aktif," kata surat staf, menuduh manajemen 'terputus' dengan karyawan tentang topik kerja jarak jauh atau fleksibel.

The Verge melaporkan bahwa surat itu dikirim ke karyawan Apple untuk mengumpulkan tanda tangan minggu lalu. Ada baris dalam surat yang mengatakan itu bukan petisi, meskipun kelihatannya mirip.

Memo bos Tim Cook kepada staf mengatakan bahwa dia merindukan aktivitas dari pekerjaan langsung. Cook merasa  staf juga merasakan hal yang sama.

Persyaratan tiga hari per minggu di kantor berlaku di seluruh staf. Tim yang perlu bekerja secara langsung membutuhkan empat atau lima hari seminggu di kantor.

Dalam sanggahan dari karyawan, mereka meminta Apple menyerahkan keputusan kerja jarak jauh kepada tim individu. Karyawan juga meminta adanya survei di seluruh perusahaan tentang topik di seluruh tim dan rencana untuk mengakomodasi disabilitas melalui kerja jarak jauh dan di tempat. 

Google juga menyampaikan hal serupa kepada staf, memberitahu mereka untuk kembali bekerja tiga hari seminggu pada bulan September. Tetapi raksasa teknologi lainnya telah mengambil pendekatan yang lebih santai untuk kembali bekerja, karena pembatasan pandemi mereda di seluruh dunia.

Facebook telah mengumumkan bahwa mereka percaya pekerjaan jarak jauh adalah 'masa depan'. Staf dapat terus bekerja dari rumah, meskipun telah dikritik karena memaksa kontraktor kembali ke kantor.

Dan sejauh Mei 2020, Twitter memberi tahu stafnya bahwa mereka dapat bekerja dari rumah 'selamanya', tetapi dengan peringatan bahwa itu hanya terjadi jika peran karyawan dapat mengakomodasinya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement