Senin 07 Jun 2021 13:02 WIB

Shin Tae-yong Puji Pelatih Vietnam Jelang Lawan Indonesia

Laga Indonesia vs Vietnam merupakan adu taktik dua pelatih asal Korea Selatan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong
Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Pertandingan antara Indonesia melawan Vietnam dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 bukan sekadar duel kedua negara Asia Tenggara. Laga ini juga pertarungan strategi dua pelatih asal Korea Selatan. Pelatih Indonesia Shin Te-young yang merupakan mantan pelatih Korea Selatan yang memimpin tim di Piala Dunia 2018. Dia akan adu taktik dengan Park Hang-seo dari kubu Vietnam.

Park sukses mengubah Vietnam menjadi tim kuat di Asia Tenggara. Ia bekerja untuk Vietnam sejak 2017. Ia memoles tim dari usia U-23. Ia pun mampu mempersembahkan gelar juara Piala AFF 2018. Adapun Shin baru menjadi pelatih Indonesia sejak 2019.

Baca Juga

Shin menerima pekerjaan dari PSSI untuk memoles timnas dari U-19 hingga senior. Ia memang belum mempersembahkan gelar untuk Indonesia, tapi kinerjanya sejauh ini dinilai cukup baik dengan memperbaiki aspek-aspek mendasar dalam sepak bola kita.

Shin memuji kualitas Park dalam melatih Vietnam. Ia mengakui Park sukses di sana. Hal tersebut membuat dia dinilai sebagai pahlawan Vietnam.

“Jadi memang prosesnya sangat baik, hasilnya juga baik,” kata Shin tentang Park dalam jumpa pers jelang Indonesia Vs Vietnam.

Laga ini juga menarik minat banyak media luar negeri. Menurut Shin, mungkin hal tersebut karena dirinya berstatus sebagai pelatih yang pernah menanganin Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Karena itu juga media pun tertartik mengulas adu taktik Park Vs Shin.

Indonesia memiliki modal baik melawan Vietnam setelah mampu menahan imbang 2-2 Thailand. Hasil tersebut sekaligus poin pertama bagi Indonesia di Grup G. Indonesia bisa menjadi batu sandungan Vietnam dalam langkahnya lolos ke babak ketiga atau fase terakhir kualifikasi zona Asia. Syaratnya, Evan Dimas dan kawan-kawan meraih poin penuh atas Vietnam yang saat ini memuncaki Grup G.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement