Senin 07 Jun 2021 07:20 WIB

Jerman Juara Euro U-21 Usai Kalahkan Portugal

Jerman menaklukkan Portugal 1-0 pada final Euro U-21 lewat gol tunggal Lukas Nmecha.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Selebrasi pemain Jerman U-21 Lukas Nmecha selepas menjebol gawang Portugal U-21 pada final Euro U-21.
Foto: Tangkapan layar UEFA.com
Selebrasi pemain Jerman U-21 Lukas Nmecha selepas menjebol gawang Portugal U-21 pada final Euro U-21.

REPUBLIKA.CO.ID, LJUBLJANA -- Jerman akhirnya menjuarai Euro U-21 usai mengalahkan Portugal 1-0, Senin (7/6). Gol tunggal Lukas Nmecha membawa Jerman menjuarai gelar ketiga mereka di kejuaraan Eropa, dalam pertandingan di Stadion Stozice, Ljubljana, Slovenia tersebut. Nmecha mencetak gol empat menit saat babak kedua dimulai.

Kemenangan ini membayar kekalahan dari Spanyol dua tahun lalu. Sementra Portugal menelan kekalahan ketiga mereka di final, meski telah bekerja keras untuk menyamakan kedudukan. Tapi Jerman tampil solid untuk mengikuti jejak kemenangan pada 2009 dan 2017.

Baca Juga

Portugal tampil dengan menekan cukup tinggi dari pertahanan mereka. Namun, setelah beberapa peluang oleh Tiago Tomas dan Diogo Dalot, Jerman mampu mengatasi serangan lawan. 

Portugal melancarkan sebagian besar serangannya melalui sayap. Upaya Jerman juga tidak sempat membentur mistar gawang, setelah tendangan Florian Wirtz sedikit berbelok. Sebelum Diogo Costa melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan upaya Nmecha dan Arne Maier.

Vitinha kemudian memberikan ancaman kepada skuad Der Panzer sebelum jeda. Sayang ia terlalu lama menguasai bola sehingga peluangnya hilang. 

Gol yang tercipta di awal babak kedua disebabkan pertahanan Portugal sempat kehilangan konsentrasi. Mereka memberikan peluang Ridle Baku untuk memberi umpan kepada Nmecha, yang menyodorkan bola dengan tenang ke gawang. Setelah itu Jerman bekerja keras untuk menjaga keunggulan mereka, dan mampu menghalau setiap umpan berbahaya dari Portugal ke pertahanan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement