Kamis 03 Jun 2021 05:48 WIB

Gol Bukayo Saka Berikan Inggris Kemenangan Atas Austria

Trent Alexander-Arnold mengalami gangguan otot pada laga pemanasan Euro 2020 ini.

Winger muda Inggris Bukayo Saka (kiri) merayakan golnya ke gawang Austria dalam laga persahabatan pemanasan menuju Euro 2020.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Winger muda Inggris Bukayo Saka (kiri) merayakan golnya ke gawang Austria dalam laga persahabatan pemanasan menuju Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MIDDLESBROOGH -- Pemain sayap remaja Bukayo Saka mencetak gol internasional senior pertamanya untuk Inggris saat mengalahkan Austria 1-0 dalam laga persahabatan pemanasan Euro 2020, Kamis (3/6) dini hari WIB. Setelah babak pertama tanpa gol, pemain berusia 19 tahun itu membuat sekitar 7.000 penonton di Stadion Riverside, Middlesbrough, bersorak ketika ia memecahkan kebuntuan pada menit ke-56. Saka hanya perlu menyambut bola dan mengarahkannya ke gawang untuk membuat Inggris memimpin.

Meskipun menang, pelatih Gareth Southgate khawatir atas kondisi Trent Alexander-Arnold. Bek Liverpool ini tertatih-tatih pada akhir pertandingan. Otot paha Alexander-Arnold tampaknya tertarik saat dia menendang bola dengan kaki kirinya.

Baca Juga

Alexander-Arnold kemudian mendapat kartu kuning karena kembali ke lapangan tanpa izin, dengan Inggris telah menggunakan semua pemain pengganti mereka dan pergi dengan 10 pemain. Televisi ITV berspekulasi dia telah mengucapkan 'sudah hilang' ketika dia akhirnya keluar.

"Ini bukan pertanda baik untuk melihat dia harus pergi seperti yang dia lakukan," kata Southgate kepada televisi ITV, dikutip Reuters. "Kita akan tahu lebih banyak dalam 24-48 jam ke depan. Mari kita lihat bagaimana Trent dulu dan kemudian kita akan pergi dari sana," tambah manajer itu ketika ditanya tentang kemungkinan penggantian pemain, dengan turnamen dimulai pekan depan.

Penyerang Jack Grealish juga membutuhkan kompres es setelah dia ditarik keluar di babak kedua. Namun Grealish mengatakan ia hanya mendapatkan sedikit benturan pada tulang keringnya dan dia tidak khawatir.

Southgate mengistirahatkan pemain Manchester City dan Chelsea setelah final Liga Champions akhir pekan lalu di Portugal. Jesse Lingard menjadi starter setelah dikeluarkan dari skuad untuk turnamen besutan UEFA tersebut.

Ada juga start pertama di timnas senior untuk gelandang Borussia Dortmund berusia 17 tahun Jude Bellingham, sementara bek Brighton & Hove Albion Ben White mencatatkan cap pertamanya sebagai pemain pengganti pada menit ke-71. White menyapu bola dari garis gawang pada menit ke-90 untuk menjaga Inggris tetap memimpin.

Jordan Pickford membuat beberapa penyelamatan percaya diri untuk menegaskan statusnya sebagai penjaga gawang pilihan pertama. Ia meninju bola saat injury time dan membentur mistar ketika Austria berupaya keras menyamakan kedudukan.

"Saya pikir kami memulai dengan sangat baik. Kami menggunakan bola dengan baik di sekitar satu jam pertama," kata Southgate. "Kami bermain melawan tim yang sangat bagus yang memiliki beberapa pemain yang sangat bagus.

“Jam pertama bagus dalam hal kualitas. Setelah itu kami perlu membuat banyak perubahan, kami perlu mempertahankan pemain. Kami sedikit terputus-putus dan beberapa mengalami kram. Kami bertahan di akhir, tetapi saya pikir itu bisa dimengerti mengingat semua perubahan yang harus kami lakukan."

Inggris melawan Rumania dalam pertandingan persahabatan lainnya di Middlesbrough pada Senin (7/6) dini hari WIB, sebelum memulai kiprah mereka di Grup D melawan Kroasia pada 13 Juni.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement