Kamis 03 Jun 2021 00:27 WIB

Putusan Brasil Jadi Tuan Rumah Copa America 2020 Sudah Final

Pro-kontra muncul terkait pemilihan Brasil sebagai tuan rumah Copa America 2021.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Presiden Brasil Jair Bolsonaro.
Foto: AP/Eraldo Peres
Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menegaskan, negara terbesar di Amerika Selatan itu siap menjadi tuan rumah Copa America 2021 meski dibayang-bayangi pandemi Covid-19. Brasil akhirnya menjadi negara penyelenggara Copa America 2021 setelah Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mencoret Kolombia dan Argentina sebagai tuan rumah bersama turnamen internasional tertua sejagat tersebut.

Kendati begitu, berbagai pro-kontra muncul terkait pemilihan Brasil sebagai tuan rumah Copa America 2021, yang rencananya mulai bergulir pada akhir pekan depan. Sejumlah pihak menilai, di tengah-tengah upaya Brasil untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19, menggelar Copa America 2021 adalah keputusan yang kurang tepat.

Bahkan, sejumlah anggota parlemen telah meminta Mahkamah Agung untuk memanggil Bolsonaro terkait keputusan tersebut. Dalam lima hari mendatang, Bolsonaro diminta untuk memberikan informasi yang lengkap terkait keputusan Pemerintah Brasil menerima penunjukan tuan rumah Copa America 2021 tersebut kepada Mahkamah Agung.

Bolsonari pun menegaskan, telah meminta pertimbangan dari sejumlah kementerian terkait, terutama kementerian kesehatan, soal kemungkinan menjadi tuan rumah Copa America 2021.

''Sejauh ini, hal itu menjadi keputusan kami, bersama berbagai kementerian, termasuk Kementerian Kesehatan. Keputusan menjadi tuan rumah Copa America 2021 sudah final,'' ujar Bolsonaro seperti dilansir BBC, Rabu (2/6).

Di kawasan Amerika Selatan, Brasil menjadi salah satu negara yang paling parah terdampak pandemi Covid-19, dengan jumlah kematian mencapai 462.791 orang. Selain itu, sudah ada lebih dari 16 juta orang yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. ''Sejak awal, saya sudah katakan soal pandemi Covid-19. Kami ikut berduka cita atas semua kematian, tapi kami harus tetap melanjutkan hidup,'' jelas Bolsonaro.

Rencananya, empat negara bagian di Brasil, termasuk Rio De Janiero, akan menjadi tuan rumah Copa America 2021, yang diikuti 10 tim terbaik di Amerika Selatan tersebut.

Kendati begitu, semua laga Copa America 2021 tidak akan dihadiri oleh penonton secara langsung. Selain itu, enam negara bagian di Brasil dipastikan tidak akan bisa menjadi tuan rumah Copa America 2021 lantaran tingginya kasus positif Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement