Selasa 01 Jun 2021 16:50 WIB
...

Lima Alasan Inggris Bisa Juara di Euro 2020

Timnas Inggris di Euro 2020 bisa dibilang generasi berbakat yang brilian.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Inggris menjadi salah satu tim yang difavoritkan bakal menjuarai Euro 2020.
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Timnas Inggris menjadi salah satu tim yang difavoritkan bakal menjuarai Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris tergabung ke dalam Grup D Euro 2020 bersama Kroasia, Republik Ceska, dan Skotlandia. The Three Lions punya peluang untuk lolos dari fase grup bahkan perjalanan Inggros di turnamen ini bisa bersaing-saing dengan tim-tim kuat lainnya seperti Prancis dan Portugal.

Inggris bisa dibilang sedang berada di generasi berbakat yang brilian. Skuad yang dibawa pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, berlabel bintang dunia. Oleh karena itu, Inggris punya optimisme menuju Euro 2020 dengan alasan berikut, dilansir dari Spoortskeeda, Selasa (1/6).

Baca Juga

Grup Relatif Menguntungkan

Laga perdana Inggris akan melawan Kroasia, tim yang menyingkirkannya di semifinal Piala Dunia 2018. Dan kekuatan Kroasia mungkin sudah berbeda dengan tim yang berlaga di Piala Dunia. Namun Kroasia dinilai lawan paling berat Inggris di grup ini.

Kroasia kini duduk di peringkat ke-14 dunia. Adapun dua tim lainnya yaitu Republik Ceska dan Skotlandia masing-masing di posisi ke-40 dan 44. Memang dalam turnamen besar apapun bisa terjadi dan Ceska dan Skotlandia bisa menjadi ancaman. Tetapi mengingat kualitasnya, timnas Inggris berpotensi menjadi juara grup.

Keuntungan sebagai Tuan Rumah

Diizinkannya para penggemar hadir langsung ke stadion salah satu dorongan Inggris meraih hasil penuh di setiap pertandingan. Meskipun kapasitas penonton yang diizinkan hadir 25 persen, tetapi itu sudah cukup memberikan dukungan moral kepada pemain.

Meskipun dijadikannya Stadion Wembley sebagai tempat pertandingan Euro namun statusnya bagi timnas Inggris bukan tuan rumah. Kendati demikian, Inggris tetap merasa itu adalah keuntungan karena bermain di stadion paling bersejarah di Inggris.

Selain penyisihan, Wembley akan digunakan dalam dua pertandingan babak 16 besar, semifinal, dan final. Dan secara catatan kertas, jika lolos hingga final maka, Inggris hanya memainkan satu pertandingan di luar Inggris, yaitu perempat final.

Seluruh Skuad Hampir tak Alami Cedera

Kekhawatiran terbesar para pelatih jelang turnamen besar adalah kebugaran para pemain bintangnya. Untungnya Inggris tak memiliki masalah mengenai ini, kecuali sebagian kecil pemain seperti Harry Maguire yang mengalami cedera pergelangan kaki. Meski demikian, ia tetap masuk skuad sementara dan masih tahap pemulihan. Jordan Henderson yang cedera pun sudah kembali berlatih. Declan Rice juga sembuh dari cedera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement