Jumat 21 May 2021 00:09 WIB

Polri Klaim Telah Petakan Kekuatan KKB Papua

Kurang lebih 150 orang KKB Papua tergabung dalam tujuh hingga sembilan kelompok.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah
Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (kiri) didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus  (kanan)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (kiri) didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mabes Polri mengklaim pihaknya telah memetakan kekuatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang kini dianggap sebagai kelompok teroris. Disebut kurang lebih sebanyak 150 orang KKB Papua tergabung dalam tujuh hingga sembilan kelompok.

"Tentunya TNI dan Polri sudah memetakan kelompok-kelompok tersebut, mereka dibagi tujuh sampai sembilan kelompok yang terpencar di berbagai daerah," ujar Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Kamis (20/5).

Baca Juga

Termasuk, lanjut Ramadhan, kekuatan persenjataan yang mereka miliki juga sudah dipetakan. Bahkan lokasi-lokasi kelompok tersebut juga sudah teridentifikasi. Kemudian tidak semua mereka yang tergabung dalam kelompok-kelompok tersebut adalah militan KKB Papua tapi juga ada simpatisan. 

"Ini adalah tantangan dan kendala adalah medan dari pada lokasi mereka bersembunyi adalaah medan yang luas. Termasuk hutan yang lebat dan berbukit-bukit, ini merupakan tantangan bagi aparat TNI," ungkapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement