5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Selama Lebaran di Rumah

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

 Rabu 12 May 2021 23:57 WIB

Tahun ini, aktivitas lebaran masih dilakukan di rumah saja. Foto:

Tahun ini, aktivitas lebaran masih dilakukan di rumah saja.

Membuat Vlog atau Film Pendek

Kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah adalah membuat vlog atau film pendek. Kegiatan ini bisa dimulai dengan berdiskusi untuk melakukan persiapan.

Setiap anggota keluarga bisa dilibatkan dengan perannya masing-masing. Ada yang berperan sebagai kameramen, sebagai pemeran utama, hingga mengurus properti.

"Untuk mengisi kegiatan sekaligus meningkatkan interaksi dengan anak-anak, kami suka bereksperimen membuat short movie di rumah," ujar Zaskia.

Momen yang paling menyenangkan adalah ketika vlog atau film pendek selesai diproduksi dan seluruh keluarga berkumpul untuk menyaksikan karya tersebut. Kegiatan ini tak hanya menyenangkan tetapi juga dapat menambah kekompakan keluarga.

 

Permainan Papan

Ada banyak jenis board game atau permainan papan yang bisa menjadi pilihan. Sebagian di antaranya adalah monopoli, scrabble, dan jenga.

Selain dapat menjadi media belajar yang menyenangkan, permainan ini juga dapat membantu mengasah fokus serta strategi anak sejak dini. Permainan ini pun bisa membantu menumbuhkan jiwa berkompetisi yang sehat pada anak.

"Menumbuhkan jiwa kompetisi pada anak menjadi suatu hal yang penting, karena anak akan belajar bagaimana bekerja keras, sportif, belajar ketangkasan, megembangkan rasa percaya diri dan inovatif sehingga anak akan tumbuh berkembang dengan optimal dari aspek kognitif, sosial dan emosional," pungkas Irma.

 

Bioskop Rumahan

Merasakan sensasi menonton bioskop bersama keluarga di rumah dapat menjadi pengalaman yang seru. Agar suasana rumah terasa seperti bioskop, gunakan proyektor dan sound system untuk menonton film favorit pilihan bersama. Hidangkan pula beragam cemilan seperti popcorn agar menonton terasa lebih menyenangkan.

Kegiatan menonton film bersama bermanfaat untuk mendekatkan hubungan keluarga. Selain itu, menonton film yang tepat juga dapat membantu mengembangkan wawasan berpikir dan kemampuan analisis anak. Selain itu, menonton film juga dapat menjadi sarana relaksasi dari tekanan atau stres. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X