5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Selama Lebaran di Rumah

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

 Rabu 12 May 2021 23:57 WIB

Tahun ini, aktivitas lebaran masih dilakukan di rumah saja. Foto: PxHere Tahun ini, aktivitas lebaran masih dilakukan di rumah saja.

Tahun ini, aktivitas lebaran masih dilakukan di rumah saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di masa pandemi Covid-19, sebagian orang tua mungkin memilih untuk menghabiskan libur Lebaran di rumah saja bersama anak-anak mereka. Meski tidak ke mana-mana, libur Lebaran di rumah juga bisa bisa dilewati dengan menyenangkan.

Psikolog anak dan keluarga Irma Gustiana A SPsi Mpsi mengatakan momen libur Lebaran di rumah saja bisa menjadi momen emas untuk merekatkan hubungan orang tua dan anak mereka.

Baca Juga

"Penting sekali memanfaatkan setiap momen bersama anak sebagai momen keemasan mendekatkan hubungan keluarga," ungkap Irma melalui siaran pers Lazada yang diterima Republika.co.id, Rabu (13/5).

Hal senada juga diungkapkan oleh aktris Zaskia Adya Mecca. Zaskia mengatakan selama bulan suci Ramadhan, dia dan keluarga berusaha untuk melakukan ibadah tarawih berjamaah bersama dengan anak-anaknya di rumah.

"Agar anak-anak juga semakin semangat menyambut Lebaran," jelas Zaskia.

Karena tahun ini tak berkumpul dengan keluarga besar, Zaskia memilih untuk mengirimkan hampers kepada sanak keluarga dan kerabat. Zaskia juga melibatkan anak-anaknya dalam kegiatan membuat kartu ucapan dan membungkus hampers ini.

Terkait libur Lebaran di rumah saja, Zaskia dan Irma memiliki beberapa rekomendasi kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh keluarga. Berikut ini adalah lima kegiatan seru ala Zaskia dan Irma untuk mengisi libur Lebaran.

 

Berkemah di Rumah

Meski identik sebagai kegiatan rekreasi di alam terbuka, berkemah juga bisa dilakukan di rumah. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga dapat melatih kemandirian anak, mempererat hubungan antara anak dan orang tua, mengembangkan kemampuan untuk berkreasi, dan mengasah keluwesan koordinasi motorik visual anak.

Agar kegiatan berkemah di rumah menjadi lebih seru, orang tua bisa melibatkan anak untuk menentukan lokasi berkemah. Misalnya, memilih lokasi di pekarangan rumah atau di ruang tamu. Ajak pula anak untuk menyusun agenda dan menyiapkan perlengkapan berkemah seperti tenda, buku cerita, hingga cemilan.

 

Karaoke di Rumah

Karaoke merupakan kegiatan yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan usia. Oleh karena itu, karaoke dapat menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk mengisi libur Lebaran bersama keluarga.

Irma mengatakan kegiatan karaoke juga memiliki manfaat tersendiri bagi anak. Sebagian di antaranya adalah manfaat dalam mengembangkan bakat dan minat anak terkait dengan bidang seni musik dan olah vokal, mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bahasa, hingga mengasah koordinasi motorik.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X