Resep Kue Lebaran Unik Selain Nastar

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

 Sabtu 08 May 2021 20:26 WIB

Yogurt Delight Cake. Foto: Greenfields. Yogurt Delight Cake.

Bahan-bahan yang digunakan sederhana dan mudah ditemukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Indahnya kebersamaan Hari Raya Idul Fitri segera dirasakan umat Islam. Kendati masih dibayangi pandemi Covid-19, tetap ada momen berkumpul bersama keluarga terdekat dan berkreasi bersama.

Food Blogger Henji Wong berbagi ide kreasi kue Lebaran yang bisa dinikmati anggota keluarga. Tidak hanya kue nastar yang identik dengan Lebaran, Henji berbagi resep yang tidak biasa. Melalui #ResepKreasiLegit, Henji berbagi ide membuat Yogurt Delight Cake. 

Bahan yang perlu disiapkan antara lain, tiga kuning telur, ekstrak vanila, tepung terigu rendah, maizena, Greenfields whipping cream, Greenfields yogurt plain, sejumput garam, aduk rata, dan sisihkan. Untuk membuat adonan putih telur, siapkan tiga putih telur, cream atau perasan lemon atau cuka, dan gula pasir.

"Aduk kuning telur, vanila, terigu dan maizena hingga tercampur rata. Masukan whipping cream ke dalam adonan aduk rata sisihkan," kata Henji Wong, baru-baru ini.

Langkah kedua, bisa menambahkan yogurt plain. Kemudian mixer putih telur, cream, gula pasir sampai berbusa. Ambil sedikit adonan putih telur, tuang ke adonan kuning telur, kemudian aduk rata.

Tuang balik semua adonan ke adonan putih telur, tuang ke loyang yang sudah dilapisi baking paper. "Entakan loyang beberapa kali untuk menghilangkan gelembung udara dalam adonan. Simpan loyang di atas loyang lebih besar, tuang air panas ke loyang besar sampai menngenang sedikit," kata Henji.

Langkah terakhir, panaskan oven, masak selama 30-40 menit dan sajikan kue setelah dingin. Setelah memanaskan oven di suhu 150 derajat Celsius, bisa diturunkan menjadi 110 derajat Celsius setelah 30 menit. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X