MUI Palu: Zakat Fitrah Bentuk Peduli Sesama Umat

Red: Ani Nursalikah

 Jumat 07 May 2021 09:18 WIB

MUI Palu: Zakat Fitrah Bentuk Peduli Sesama Umat. Umat Islam membayar zakat fitrah kepada amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Panitia Zakat Masjid Istiqlal mulai membuka layanan pembayaran zakat fitrah dengan pembayaran senilai Rp 50 ribu atau 3,5 liter beras. Foto: WAHYU PUTRO A/ANTARA MUI Palu: Zakat Fitrah Bentuk Peduli Sesama Umat. Umat Islam membayar zakat fitrah kepada amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Panitia Zakat Masjid Istiqlal mulai membuka layanan pembayaran zakat fitrah dengan pembayaran senilai Rp 50 ribu atau 3,5 liter beras.

Islam mengajarkan umat berbagi satu sama lain.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah mengatakan esensi zakat fitrah adalah bentuk kepedulian sesama umat Muslim dalam mencukupi kebutuhan masyarakat tidak mampu di hari raya.

"Artinya, zakat fitrah di Bulan Suci Ramadhan diperuntukkan supaya umat bisa merasakan dan menikmati Hari Raya Idul Fitri dengan berkecukupan," kata Ketua MUI Kota Palu Prof Zainal Abidin, Kamis malam (6/5).

Baca Juga

Dia menjelaskan berzakat bukan hanya untuk mengenal Allah atau meningkatkan iman kepada Sang Pencipta. Akan tetapi, Islam juga mengajarkan umat saling mengenal dan berbagi satu sama lain dalam rangka memenuhi kebutuhan orang-orang berkekurangan supaya mereka bisa menikmati hari raya seperti orang-orang memiliki kelebihan harta.

Oleh karena itu, setiap pribadi Muslim berkelebihan harta wajib mengeluarkan sebagian hartanya untuk orang membutuhkan sebagai bagian dari membangun keharmonisan hubungan sosial umat. "Kaum Muslimin dan Muslimat wajib mengeluarkan zakat fitrah, baik orang berpuasa maupun tidak berpuasa selama ia memiliki kemampuan menikmati hari Lebaran," ujar Zainal.

photo
Infografis Zakat Fitrah Sempurnakan Puasa - (Republika.co.id)
 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X