Lailatul Qadar Malam Spesial untuk Umat Nabi Muhammad

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 03 May 2021 14:40 WIB

Lailatul Qadar Malam Spesial untuk Umat Nabi Muhammad. Umat muslim menunaikan Shalat Tahajud saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (3/5) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Lailatul Qadar Malam Spesial untuk Umat Nabi Muhammad. Umat muslim menunaikan Shalat Tahajud saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (3/5) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura

Malam lailatul qadar ialah malam yang sangat mulia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malam lailatul qadar menjadi malam yang mendapat tempat spesial di sisi Allah SWT. Sehingga Allah menyiapkan pada malam tersebut ampunan-Nya yang sangat besar juga ganjaran pahala lainnya.

"Sangat disayangkan jika seorang Muslim melewatkan kesempatan yang spesial ini," kata Ustadz Ahmad Zarkasih dalam bukunya Meraih Lailatul Qadr Haruskah Itikaf.

Ustadz Ahmad mengatakan, salah satu pendapat yang masyhur, bahwa malam tersebut ialah malam yang sangat mulia, kemualiannya lebih baik dari malam 1.000 bulan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Qadr ayat 3. 

Baca Juga

"Artinya jika seorang Muslim beribadah pada malam tersebut, berarti ia mendapat fadhilah ibadah selama 83 tahun lebih, sedangkan belum tentu seorang Muslim bisa hidup selama itu," katanya.

Ustdaz Ahmad Zarkasih mengatakan, Allah telah menyiapkan pahala itu untuk umat Nabi Muhammad di malam terakhir Ramadhan. Dan tentu saja kemualiaan yang besar tidak begitu saja mudah didapatkan.

"Perlu usaha dan upaya yang maksimal guna mendapatkannya," katanya.

photo
Infografis Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar - (Republika.co.id)
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X