Empat Amalan Malam Lailatul Qadar

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 03 May 2021 13:04 WIB

Empat Amalan Malam Lailatul Qadar. Umat muslim membaca Alquran saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (3/5) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Empat Amalan Malam Lailatul Qadar. Umat muslim membaca Alquran saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (3/5) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura

Umat Muslim sebaiknya menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan berbagai ibadah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada empat amalan yang dapat dikerjakan oleh umat Islam di 10 terakhir Ramadhan. Dan di antara amalan yang bisa dan sebaiknya dilakukan oleh seorang Muslim di malam Lailatul Qadar ialah menghidupkan malam.

Lakukan berbagai macam ibadah

Baca Juga

Tentu yang pertama mesti dilakukan ialah menghidupkan malam tersebut dengan berbagai macam ibadah. "Bagaimana mungkin seorang berangan-angan mendapatkan malam Lailatul Qadar, sedangkan ia berleha-leha di malam harinya?" kata Ustaz Ahmad Zarkasih dalam bukunya Meraih Lailatul Qadr Haruskah Itikaf.

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang menghidupkan malam Lailatul Qodr dengan Iman dan Ihtisab (mengharapkan pahala), niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau” (HR Bukhori).

Dan kata “menghidupkan” dalam hadits ini ialah kata umum yang berarti bahwa apa yang dilakukan pada malam ini tidak terpaku pada satu jenis ibadah saja. Apapun itu ibadahnya, intinya ialah kita menghidupkan malam ini dengan berbagai macam ibadah.

"Dari mulai sholat, membaca Alquran, i’tikaf, berdzikir, berdoa, dan sahurpun termasuk ibadah," katanya.

 

 

photo
Infografis Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar - (Republika.co.id)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X