Ahad 02 May 2021 09:49 WIB

Demonstran Tuntut Perlindungan Kerja di Masa Pandemi

Demonstran menuntut bantuan tunai dan vaksinasi di tengah peningkatan pengangguran.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Aksi memperingati hari buruh sedunia di Hermannplatz, Berlin, Jerman, Ahad (1/5).
Foto: AP Photo/Markus Schreiber
Aksi memperingati hari buruh sedunia di Hermannplatz, Berlin, Jerman, Ahad (1/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Para pekerja dan pemimpin serikat pekerja di berbagai dunia tetap melakukan aksi demonstrasi selama kebijakan lockdwon virus corona pada Sabtu (4/2). Para pekerja menuntut lebih banyak perlindungan tenaga kerja di tengah pandemi yang telah mengubah ekonomi dan tempat kerja menjadi sulit.

Dilansir dari AP News, Ahad (5/2), di negara-negara yang menandai 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional, perayaan tahunan hak-hak pekerja menghasilkan pemandangan yang langka selama pandemi: kerumunan besar dan padat, dengan pawai berjalan bahu-membahu dengan tangan terkepal di belakang spanduk. Bagi para pemimpin buruh, hari itu adalah ujian bagi kemampuan mereka untuk memobilisasi pekerja dalam menghadapi gangguan ekonomi yang parah.

Baca Juga

Di Prancis, ribuan orang turun ke jalan dengan membawa spanduk dan bendera serikat pekerja, dikelilingi dan terkadang bentrok dengan polisi anti huru hara. Masker wajah yang dikenakan oleh banyak demonstran adalah pengingat betapa banyak kehidupan telah berubah sejak perayaan tradisional May Day terakhir pada tahun 2019, sebelum penyebaran virus corona menghancurkan kehidupan dan mata pencaharian serta mengikis kebebasan sipil. Itu dinilai seringkali termasuk hak untuk berdemonstrasi.

Polisi anti huru hara bentrok dengan beberapa demonstran di Paris dan kota selatan Lyon, sementara penghalang jalan yang terbakar melemparkan awan asap ke udara Paris. Polisi menuntut orang banyak untuk menangkap tersangka pembuat onar dan menembakkan sedikit gas air mata. 

Polisi di Paris mengatakan mereka melakukan 34 penangkapan. Pihak berwenang juga melaporkan lima penangkapan dan 27 petugas polisi terluka di Lyon. Tetapi, sebagian besar dari lusinan pawai di seluruh Prancis berlangsung tanpa insiden.

photo
Peringatan hari buruh internasional di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Brasil, Ahad (1/5). - (AP Photo/Lucas Dumphreys)

Beberapa demonstrasi, yang dibatasi oleh pembatasan virus corona, dihadiri jauh lebih sedikit daripada sebelum pandemi. Rusia hanya menyaksikan sebagian kecil dari kegiatan Hari Buruh yang biasa di tengah larangan virus korona pada pertemuan.

Partai Komunis Rusia menarik hanya beberapa ratus orang untuk meletakkan karangan bunga di Moskow. Untuk tahun kedua berturut-turut di Italia, May Day berlalu tanpa pawai besar dan konser rock biasa.

Tetapi di Prancis, Jerman, tempat-tempat lain di mana demonstrasi diizinkan, para pekerja melampiaskan kekhawatiran mereka atas pekerjaan dan perlindungan. Di Bosnia, penambang batu bara Turni Kadric mengatakan mereka hampir tidak bisa bertahan hidup.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement