Muslim Dearborn AS Peroleh Akses Vaksin di Malam Ramadhan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 29 Apr 2021 11:15 WIB

Muslim Dearborn AS Peroleh Akses Vaksin di Malam Ramadhan. Foto: Vaksinator mempersiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga (ilustrasi). Foto: Antara/Umarul Faruq Muslim Dearborn AS Peroleh Akses Vaksin di Malam Ramadhan. Foto: Vaksinator mempersiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEARBORN – Umat Islam di Dearborn, Amerika Serikat, dapat memperoleh vaksin Covid-19 di malam hari. Usai buka puasa, umat Islam bisa mendapatkan vaksin Covid-19 selama jam klinik Ramadhan malam hari Jumat, di Dearborn.

Dilansir di The Detroit News, Kamis (29/4), klinik kesehatan komunitas (ACCESS) yang terletak di 6450 Maple Street di Dearborn, menawarkan 250 dosis vaksin Pfizer yang disediakan oleh Departemen Kesehatan Wayne County. Vaksin ini disediakan kepada siapa pun yang berusia 16 tahun ke atas, termasuk non-Muslim, dan dosis akan diberikan pada peserta yang datang, dan akan langsung dilayani terlebih dahulu.

Baca Juga

Vaksinasi akan tersedia mulai pukul 21.00 sampai tengah malam waktu Dearborn. Tidak ada janji atau identifikasi yang diperlukan untuk dapat mengakses vaksin ini. Jam malam ditawarkan untuk lebih mengakomodasi keluarga yang berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam atau bekerja dan tidak dapat meluangkan waktu selama jam kerja tradisional.

"Sekarang sekitar 51 persen populasi Amerika telah divaksinasi dengan setidaknya dosis pertama, kerja keras dimulai. Kami perlu terus mendidik anggota masyarakat tentang pentingnya mendapatkan vaksinasi dan konsekuensi dari keputusan mereka, apakah mereka memilih untuk divaksinasi atau tidak," kata Direktur Pusat Penelitian dan Kesehatan Komunitas ACCESS Mona Makki.

Vaksin gratis ini ditujukan untuk siapa pun golongan usia. Namun demikian, bagi yang berusia 16 atau 17 tahun harus didampingi oleh orang tua atau wali. "Kami tahu bahwa keluarga menghabiskan waktu bersama setelah buka puasa, dan ini adalah kesempatan untuk memudahkan keluarga mendapatkan vaksinasi bersama," kata Makki.

ACCESS, kata dia, mengelola vaksin di ruang pemeriksaan untuk memastikan privasi semua pasien. Dia menyebut bahwa stafnya akan mendukung semua pasien mengurus proses pendaftaran. Jumat adalah malam klinik kedua yang ditawarkan ACCESS setelah puskesmasnya menerima tanggapan positif dari vaksinasi 424 orang hingga pukul 01.00 pada 16 April.

"Banyak yang mengindikasikan bahwa jam malam memudahkan individu yang berpuasa, bekerja keluarga atau keluarga dengan anak," kata Makki.

Tidak termasuk Detroit, Wayne County memiliki hampir 95 ribu kasus Covid-19 yang mengakibatkan 2.237 kematian sejak Maret 2020. Dearborn adalah kota yang paling terpukul dengan 12.195 kasus dan 217 kematian, Selasa (27/4).

Untuk mengatasi keraguan vaksin di antara komunitas, Makki akan berpegang pada fakta dan data penyebaran Covid-19.

Terpopuler