Resep Wafel Ricotta Ala Chef Pastry

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Esthi Maharani

Ahad 25 Apr 2021 15:05 WIB

Wafel dengan potongan stroberi. Foto: Flickr Wafel dengan potongan stroberi.

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa bulan yang lalu, salah seorang chef pastry Ravneet Gill, baru saja membeli mesin wafel. Ia mulai sangat rajin membuat wafel. Hampir setiap hari ia membuat wafel, mulai dari wafel Liège dengan adonan gula mutiara, hingga wafel manis standar dan juga wafel gurih.

Kemudian, ia mencoba untuk membuat wafel dengan salah satu bahan favoritnya, ricotta. Secara mengejutkan hasilnya memuaskan. Wafel terasa lembut dan berwarna keemasan sempurna. “Saya membuat adonannya dulu, memasaknya, lalu memasukkannya ke dalam pemanggang roti di pagi hari,” kata dia.

Raspberry, blackberry, dan blueberry adalah pendamping yang sangat luar biasa cocok untuk wafel. Jika tidak sedang dalam musimnya, bisa menggunakan buah beku. Berikut ini merupakan bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

250 gr ricotta

100 ml susu murni

40 gr madu (lebihkan untuk disajikan)

2 butir telur

120 gr tepung terigu

1 sdt baking powder

1 jumput garam halus

1 kulit buah jeruk

50 gr butter (lelehkan dan dinginkan sedikit)

1 mentega (untuk disajikan)

Beberapa buah musiman (berry beku untuk disajikan)

Cara membuat:

- Dalam mangkuk besar, aduk ricotta, susu, madu, dan telur hingga tercampur rata. Dalam mangkuk kedua, aduk tepung terigu, baking powder, garam, dan kulit jeruk hingga tercampur rata.

- Campurkan kedua bahan itu secara perlahan, lalu masukkan mentega cair. Tutup mangkuk dan diamkan adonan selama 30 menit.

- Sementara itu, panaskan mesin wafel hingga sedang. Setelah diistirahatkan, sendokkan sendok adonan ke dasar mesin yang sudah panas, dan masak selama empat menit, sampai berwarna cokelat keemasan. Ulangi dengan sisa adonan yang ada.

- Lalu sajikan dalam keadaan panas dan taburi dengan mentega asin, sedikit madu, dan buah musiman.