Senin 19 Apr 2021 19:59 WIB

Dompet Dhuafa Gelar Berbagi Berkah Berbuka di Riau

Dompet Dhuafa Berbagi Berkah Berbuka Bersama bertujuan untuk bersilaturahim

Dompet Dhuafa melaksanakan Berbagi Berkah Berbuka Bersama Ramadan 1442 Hijriah di Masjid Mahmoud Kunj dengan warga Dusun Talang Tanjung, Kampung Muaro, Desa Siambul, Kecematan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.
Foto: Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa melaksanakan Berbagi Berkah Berbuka Bersama Ramadan 1442 Hijriah di Masjid Mahmoud Kunj dengan warga Dusun Talang Tanjung, Kampung Muaro, Desa Siambul, Kecematan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAGIRI HULU -- Ahad (18/4) lalu, Dompet Dhuafa melaksanakan Berbagi Berkah Berbuka Bersama Ramadan 1442 Hijriah di Masjid Mahmoud Kunj dengan warga Dusun Talang Tanjung, Kampung Muaro, Desa Siambul, Kecematan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Berbuka bersama diikuti oleh warga satu dusun. Ini merupakan kegiatan makan-makan bersama paling ramai yang pernah dilakukan di sana.

Selama ini belum pernah diadakan kegiatan yang serupa. Lebih kurang dihadiri sebanyak 100 orang warga, terdiri dari orang dewasa dan anak-anak.

Baca Juga

Kegiatan ini merupakan kegiatan kebersamaan. Diawali dengan memasak menu makanan dan kudapan secara bergotong royong antarwarga. Sejak jam 11 siang warga dan tim Dompet Dhuafa sudah sibuk mempersiapkan menu makan dengan cara tradisional. Bahan sembako dibeli dan dibawa dari Pasar Seberida menggunakan motor dengan keranjang di sisi kanan dan kirinya. Sungguh menantang dan ekstrim membawa barang hingga ke titik lokasi.

photo
Dompet Dhuafa melaksanakan Berbagi Berkah Berbuka Bersama Ramadan 1442 Hijriah di Masjid Mahmoud Kunj dengan warga Dusun Talang Tanjung, Kampung Muaro, Desa Siambul, Kecematan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. - (Dompet Dhuafa)

 

Memasak masih memakai kayu bakar. Sungguh serba tradisional. Warga sangat senang dan terhibur selama proses masak-memasak. Bercanda gurau dengan satu dan lainnya.

Pada saat azan magrib berkumandang sungguh sangat unik. Bagi warga yang berpuasa langsung berbuka. Bagi warga yang tidak berpuasa, mereka tetap ikut makan bersama. Jadi tidak ada bedanya antarwarga yang berpuasa dengan yang tidak berpuasa. Kekeluargaan serta kebersamaan antarwarga terbangun baik.

Kelap-kelip malam terasa indah, walau hanya disinari oleh penerangan seadanya. Dikarenakan listrik belum masuk ke lokasi masjid. Sungguh riuh kegiatan sore hingga malam. Anak-anak terlihat bahagia berlari-lari dengan teman-teman dan bercanda gurau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement