Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Kaki Bisa Tunjukkan Tanda Sakit Diabetes Hingga Jantung

Senin 19 Apr 2021 19:06 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Kondisi kaki bisa menunjukkan tanda penyakit pada seseorang.

Kondisi kaki bisa menunjukkan tanda penyakit pada seseorang.

Foto: www.freepik.com
Kondisi kaki bisa menunjukkan tanda penyakit pada seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah yang terjadi di kaki Anda ternyata bisa menjadi tanda awal dari penyakit berbahaya seperti diabates dan jantung. Dilansir The Sun, Senin (19/4), para ahli mengatakan memperhatikan bagian telapak kaki akan lebih banyak membantu menemukan tanda dari potensi penyakit Anda, termasuk juga masalah seperti radang sendi dan pennan. 

Menurut Emma McConnachie, seorang ahli penyakit kaki dan juru bicara The College of Podiatry, cobalah untuk melihat kondisi kaki yang mungkin memberikan petunjuk tersebut sebagai berikut.

 

Baca Juga

1. Benjolan keras

Adanya benjolan keras dan bertulang di sisi kaki seperti bagian jempol menunjukkan terjadi penumpukan tekanan. Sering kali ini hanya faktor genetik, namun juga bisa menjadi tanda radang sendi atau sepatu yang tyda pas. 

 

2. Nyeri Sekitar Tumit

Kendisi yeri di sekitar tumit mungkin menjadi salah satu yang paling umum terjadi pada orang-orang berusia 40 hingga 60 tahun. Kondisi yang dikenal sebagai plantar fascia ini adalah ligamen berbentuk tali busur yang menyerap guncangan saat Anda berjalan.

Jika guncangan semakin membesar, ini bisa membuat Anda merasa kesakitan, bahkan mengeluarkan air mata. Cobalah menggunakan sandal dengan penyangga lengkung. 

 

3. Kaki Bengkak

Kaki bengkak bisa terjadi saat cuaca panas atau setelah berdiri maupun duduk terlalu lama. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, ini bisa menjadi tanda penyakit serius seperti penggumpalan darah, diabetes, jantung, hati, dan paru-paru. 

Ada gerakan yang bisa dilakukan untuk mengurangi pembengkakan dan meningkatkan aliran darah ke kaki. Coba arahkan kaki Anda ke depan dan gunakan jempol kaki Anda untuk menggambar lingkaran. Lakukan ini sepuluh kali searah jarum jam dan sepuluh kali berlawanan arah jarum jam.

Tetapi jika melihat ada pembengkakan yang tidak biasa, penting untuk memeriksakannya dengan cepat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasari seperti diabetes tipe 2 atau penyakit jantung. Selain itu,  segera periksa jika bengkak hanya mempengaruhi satu kaki atau terasa panas saat disentuh, yang itu bisa menjadi tanda pembekuan darah.

 

4. Kalus

Kalus adalah gumpalan kulit mati yang tebal dan kekuningan yang muncul saat kulit terkena tekanan atau gesekan yang berlebihan. Gumpalan kecil kulit yang mengeras juga disebut sebagai corns dan biasanya terjadi sebagai tindakan keamanan dari tubuh untuk memberi perlindungan. 

Kebanyakan hal ini terjadi karena sepatu yang digunakan tidak pas. Namun, terkadang ini juga bisa disebabkan oleh obesitas maupun diabates tipe 2. 

 

5. Infeksi Jamur

Infeksi jamur saat umum terjadi saat Anda sering membuat kaki dalam keadaan lembab pasca berenang dan berolahraga ataupun aktivitas lainnya. Namun, infeksi berulang bisa menjadi tanda diabetes. 

 

6. Ruam 

Ruam di jari kaki bisa menjadi tanda Anda terinfeksi virus corona jenis baru (COVID-19). Ini sering terlihat pada tahap awal infeksi, beberapa hari setelah gejala yang lebih khas seperti batuk atau demam. 

 

7. Kaki Dingin

Kaki dingin bisa menjadi tanda sirkulasi yang buruk Banyak orang mengalaminya karena sering bertelanjang kaki, namun pada beberapa bisa seja mengalami apa yang disebut sebagai sindrom Reynaud, kelainan yang memengaruhi sirkulasi darah.

Bagi sebagian orang, hal itu dapat membuat jari kaki menjadi biru atau ungu. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk di musim dingin dan pada orang yang tidak aktif. Jika Anda khawatir, bicarakan dengan dokter atau ahli penyakit kaki.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA